Jumat, 14 Juni 2024 16:41

STIA Al Gazali Barru Bertransformasi Menjadi ITBA

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
STIA Al Gazali Barru Bertransformasi Menjadi ITBA

Perubahan bentuk menjadi ITBA ini juga diiringi dengan dibukanya dua program studi baru, yaitu Bisnis Digital dan Sistem Informasi. Selain itu, ITBA juga masih memiliki program studi Administrasi Publik yang sudah ada sejak masih berbentuk STIA.

RAKYATKU.COM, BARRU - Kampus STIA Al Gazali Barru resmi bertransformasi menjadi Institut Teknologi Bisnis dan Administrasi (ITBA) Barru, menandai babak baru dalam perjalanan pendidikan tinggi di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Perubahan bentuk ini diresmikan pada hari Jumat (14/6/2024) di Aula KH. Badaruddin Amin Al Gazali, Jalan Jenderal Sudirman, Barru, dalam sebuah acara pelantikan yang dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kepala LL DIKTI Wilayah IX Dr. Andi Lukman, M.Si, Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, dan Ketua Yayasan Al Gazali Badaruddin Makmun.

Rektor Pertama ITBA

Baca Juga : Membangun Barru Lebih Maju: KUA-PPAS 2025 Fokus pada Infrastruktur dan SDM

Dalam acara tersebut, Dr. Kamaruddin Hasan, M.Pd, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua STIA Al Gazali Barru, resmi dilantik sebagai Rektor ITBA yang pertama. Ia menyampaikan rasa terima kasih atas amanah yang diberikan dan berjanji akan menjalankan tanggung jawabnya dengan sebaik-baiknya untuk memajukan ITBA.

"Terima kasih atas amanah ini. Perubahan bentuk kampus ini merupakan bukti transformasi untuk lebih maju. Sejak lama civitas akademika telah menantikan perubahan bentuk kampus ini. Dan pada hari ini baru kita launching," ujar Dr. Kamaruddin Hasan dalam sambutannya.

Buka Dua Program Studi

Baca Juga : Bupati Barru Optimis PAD Barru Capai Target, Evaluasi Masif Digelar

Perubahan bentuk menjadi ITBA ini juga diiringi dengan dibukanya dua program studi baru, yaitu Bisnis Digital dan Sistem Informasi. Selain itu, ITBA juga masih memiliki program studi Administrasi Publik yang sudah ada sejak masih berbentuk STIA.

Saat ini, ITBA memiliki sekitar 1.000 an lebih mahasiswa aktif dan terus membuka peluang bagi calon mahasiswa baru yang ingin bergabung.

Akselerasi dan Implementasi Merdeka Belajar

Baca Juga : Barru Jadi Tuan Rumah Seminar Internasional Toleransi, Bupati Raih Gelar Doktor Honoris Causa

Kepala LL DIKTI Wilayah IX Dr. Andi Lukman, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan bahwa perubahan bentuk STIA menjadi ITBA merupakan upaya akselerasi yang positif. Ia berharap ITBA tidak hanya berhenti di level institut, tetapi terus berkembang menjadi universitas di masa depan.

Dr. Andi Lukman juga mendorong ITBA untuk membuka program magister administrasi, mengingat persyaratannya telah terpenuhi dan terdapat 5 doktor yang mengajar di kampus tersebut.

Ia menekankan bahwa penyelenggara perguruan tinggi saat ini harus fokus tidak hanya mencetak lulusan sarjana, tetapi juga mempersiapkan mahasiswa untuk bersaing di dunia kerja. Kebijakan Merdeka Belajar harus terus diimplementasikan dengan baik, sehingga lulusan memiliki keterampilan yang mumpuni, karakter yang baik, dan kompetensi yang tinggi.

Baca Juga : DDI Mangkoso Cetak 1.461 Santri Baru, Siap Berkontribusi untuk Bangsa

Didukung Pemerintah Daerah

Pemerintah Kabupaten Barru memberikan apresiasi dan dukungan penuh atas perubahan bentuk STIA menjadi ITBA. Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si, dalam sambutannya menyampaikan harapan besarnya agar ITBA dapat membawa manfaat yang luar biasa bagi Kabupaten Barru.

"Perubahan bentuk kampus ini adalah mimpi saya. Ini adalah kebanggaan kami Pemerintah Kabupaten Barru. Apresiasi luar biasa kepada Pak Rektor. Perubahan bentuk kampus ini adalah buah kerja keras civitas akademika," ujar Suardi Saleh.

Baca Juga : Tahapan Pilkada Barru 2024 Resmi Diluncurkan, Bupati Barru: Ayo Wujudkan Pilkada Damai

Bupati Barru berharap ITBA dapat menghasilkan lulusan yang siap pakai dan mampu mengabdi di bidangnya masing-masing. Ia juga berharap ITBA dapat terus berkembang dan menjadi universitas di masa depan.

Tingkatkan Kualitas SDM dan IPM Kabupaten Barru

Suardi Saleh meyakini bahwa perubahan bentuk STIA menjadi ITBA akan sejalan dengan peningkatan Indeks Prestasi Manusia (IPM) dan angka harapan lama sekolah di Kabupaten Barru.

Baca Juga : Tahapan Pilkada Barru 2024 Resmi Diluncurkan, Bupati Barru: Ayo Wujudkan Pilkada Damai

"Kami berharap dengan banyak yang berkuliah di ITBA maka akan sejalan dengan peningkatan Indeks Prestasi Manusia (IPM) di Kabupaten Barru. Selain itu turut mendongkrak angka harapan lama sekolah. Jika selama ini rata-rata hanya 13,8 tahun (D2), maka dengan hadirnya ITB angka tersebut semakin naik," tuturnya.

Perubahan STIA Al Gazali Barru menjadi ITBA ini menjadi bukti komitmen dan tekad kuat untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Kabupaten Barru dan mempersiapkan sumber daya manusia yang unggul untuk masa depan Indonesia.

Hadir pada kegiatan Kepala LL DIKTI Wilayah IX Andi LukmanSultan Batara dan Kepala Bagian Kelembagaan, Anggota DPRD Barru, Wakil Rektor II UIN Makassar, Koordinator Kampus V UNM, Pendiri Yayasan Zam Zam, Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Barru.

Baca Juga : Tahapan Pilkada Barru 2024 Resmi Diluncurkan, Bupati Barru: Ayo Wujudkan Pilkada Damai

Yang lainnya, pihak mewakili Kapolres, mewakili Kepala Kemenag Barru, sekretaris MUI Barru, Para Pimpinan OPD Barru, Para Camat, Para Kepala KUA, Lurah S.Binangae, Pimpinan Perbankan (mandiri, BNI, BRI), para Dosen dan Civitas Al Gazali Barru dan tamu undangan lainya.

Penulis : Achmad Afandy
#STIA Al Gazali Barru #ITBA Barru #Pemda Barru #suardi saleh