Jumat, 14 Juni 2024 16:18

Jelang Idul Adha, Pemkot Parepare Pantau Ketersediaan dan Harga Komoditi Pangan di Pasar

Editor
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Jelang Idul Adha, Pemkot Parepare Pantau Ketersediaan dan Harga Komoditi Pangan di Pasar

Jelang Idul Adha, Pemkot Parepare Pantau Ketersediaan dan Harga Komoditi Pangan di Pasar

RAKYATKU.COM, PAREPARE-- Pemerintah Kota Parepare melakukan pemantauan ketersediaan dan harga komoditas pangan di Pasar semi modern Lakessi sebagai sentra perdagangan di Kota Parepare Jumat (14/6/2024).

Pemantauan dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Parepare, Muh. Husni Syam, didampingi Asisten II, Kadis Perdagangan, Kadis Ketahanan Pangan, Kabag Ekonomi, perwakilan Bulog, Lurah Lakessi, dan stakeholder lainnya.

Husni Syam mengatakan, pemantauan ini dilakukan untuk memastikan ketersediaan bahan pokok jelang lebaran Idul Adha, sekaligus mengantisipasi jika ada komoditi yang mengalami kenaikan harga.

Baca Juga : Pemkot Parepare Fasilitasi ASN, Pelaku UMKM dan Komunitas Edukasi Keuangan Lewat OJK

"Jelang momentum lebaran, lonjakan permintaan masyarakat sangat tinggi. Karena itu, untuk mengantisipasi kita turun memastikan ketersediaannya dan harga tetap terjangkau," ujarnya.

Menurut Husni, dari hasil pemantauan ditemukan ada beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan harga, namun tidak signifikan.

"Ada beberapa langkah strategis yang kita lakukan terkait kenaikan tersebut, salah satunya dengan menggelar gerakan pangan murah untuk masyarakat. Hal ini juga sebagai upaya mengendalikan inflasi tetap stabil," ungkapnya.

Baca Juga : Pemkot Parepare Sasar 23.500 Anak di Pekan Imunisasi Nasional 2024

Di tempat sama, Kadis Perdagangan, And Wisnah menjelaskan perkembangan harga barang kebutuhan pokok di Kota Parepare.

"Harga barang kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan hari ini yaitu cabe merah besar dari Rp.44.300,-/Kg menjadi Rp.48.000,-/Kg atau 8,35%," ujarnya.

"Untuk cabe merah keriting dari Rp.42.700,-/Kg menjadi Rp.47.700,-/Kg atau 11,71%, daging ayam broiler dan Rp.22.700,-/Kg menjadi Rp.23.800,-/Kg atau 4,85%, bawang merah dari Rp.40.000,-/Kg menjadi Rp.41.700,-/Kg atau 4,25%," tambahnya.

Baca Juga : Begini Kemeriahan HUT Kemerdekaan RI di Parepare

Sementara untuk harga barang kebutuhan pokok yang mengalami penurunan hari ini. "Telur ayam ras dari Rp.29.200,-/Kg menjadi Rp.28 050,-/Kg atau 3,94%," jelasnya.

#Pemkot Parepare