Jumat, 14 Juni 2024 14:33

Penamatan Umum 1.391 Santri Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penamatan Umum 1.391 Santri Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang

Pada kesempatan tersebut pula, Prof. Nasaruddin secara khusus mengevaluasi hapalan seorang santri Tahfiz yang menunjukkan kemampuan hafalan Al-Quran yang luar biasa.

RAKYATKU.COM, WAJO - Pondok Pesantren As'adiyah Pusat Sengkang, menggelar Penamatan Umum yang berlangsung khidmat di Kampus 2 Jl. Veteran No. 46 Lapongkoda pada Kamis, 13 Juni 2024.

Dalam acara tersebut, sebanyak 1.391 santri As'adiyah berbagai jenjang pendidikan resmi dinyatakan lulus. Penamatan ini mencakup santri dari program Tahfiz, Raudhatul Atfhal, Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, serta Pendidikan Formal Ulya.

Acara Penamatan Umum ini dibawakan oleh Ketua Umum Pondok Pesantren As'adiyah, AG. Prof.Dr.KH. Nasaruddin Umar, MA, yang turut memberikan nasehat umum dan apresiasi atas pencapaian para santri. 

Baca Juga : 136 Kades di Wajo Mendapat Penambahan Jabatan 2 Tahun, Ketua DPRD Sampaikan Selamat

Anre Gurutta Prof. Nasaruddin, dalam pidatonya, menyampaikan bahwa Pondok Pesantren As'adiyah dengan konsisten meningkatkan kualitas madrasahnya. Bahkan sekarang ini tengah dicanangkan untuk menerapkan kurikulum Cambridge pada madrasahnya. 

“Kami akan melahirkan santri yang multitalenta yaitu memiliki bakat yang berlapis-lapis. Bukan hanya mahir berbahasa tapi juga mahir dalam seni dan olahraga,” ujar Prof. Nasaruddin.

Pada kesempatan tersebut pula, Prof. Nasaruddin secara khusus memancarkan hapalan seorang santri Tahfiz yang menunjukkan kemampuan hafalan Al-Quran yang luar biasa. Evaluasi ini menjadi simbol komitmen pesantren dalam mutu pendidikan dan kemampuan hafalan para santri.

Baca Juga : DPRD dan Pemkab Wajo Sepakat Tetapkan Tiga Perda pada Rapat Paripurna

Selain itu, acara ini juga menjadi momen penting dengan hadirnya dua perwakilan dari Yayasan Gereja Yesus Kristus. Kehadiran mereka menjadi tanda penguatan hubungan antar lembaga keagamaan serta komitmen Pondok Pesantren As'adiyah dalam memperkokoh kerukunan umat beragama.

Hadir Pj. Bupati Wajo, Drs. Andi Bataralifu, M.Si, KaKanwil Kemenag Sulsel dalam hal ini perwakilan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenag Sulsel, Dr. H. Ali Yafid, S.Ag., M.Pd.I, Forkopimda Kab. Wajo, Anggota DPRD Kab. Wajo dan tamu kehormatan lainnya

Penamatan ini juga dihadiri oleh santri-santri dari cabang-cabang Pondok Pesantren As'adiyah. Kehadiran mereka menunjukkan bahwa prestasi santri As'adiyah diakui tidak hanya di pusat namun juga di cabang-cabang lainnya. 

Baca Juga : Waspada Curanmor, Personil Polsek Majauleng Pasang Spanduk Himbauan

Dengan diadakannya Penamatan Umum ini, Pondok Pesantren As'adiyah kembali menegaskan peran sentralnya dalam mencetak generasi berilmu dan berakhlak mulia. Para santri yang lulus diharapkan dapat menerapkan ilmu yang diperolehnya serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Penamatan ini sekaligus menjadi refleksi atas komitmen lembaga dalam memajukan pendidikan dan memperkuat fondasi spiritual para lulusannya.

Dengan dilakukannya acara Penamatan Umum ini diharapkan para lulusan dapat membawa nama baik pesantren serta memberikan manfaat besar bagi agama, bangsa, dan negara di masa depan. Pondok Pesantren As'adiyah, melalui lulusan ini, terus berupaya mencetak insan yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan akhlak, selaras dengan visi dan misinya sebagai lembaga pendidikan keagamaan yang terpandang.

Penulis : Abd Rasyid. MS
#pemkab wajo #DPRD Wajo