Selasa, 04 Juni 2024 14:04

Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT, Prodi Ilmu Pemerintahan Unismuh Makassar Targetkan Akreditasi Internasional

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Unismuh Makassar
Unismuh Makassar

Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh raih akreditasi Unggul

RAKYATKU.COM, MAKASSAR – Program Studi S1 Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar berhasil meraih Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), menggantikan akreditasi A yang sebelumnya dipegang.

Keputusan ini dituangkan dalam SK Nomor 4572/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/VI/2024, yang ditetapkan pada tanggal 4 Juni 2024. Predikat unggul diperoleh melalui mekanisme Instrumen Suplemen Konversi (ISK).

Informasi ini diumumkan oleh Wakil Rektor II Unismuh, Prof. Andi Sukri Syamsuri, yang membagikan tangkapan layar laman BAN-PT di Grup WhatsApp Unismuh Makassar, Selasa, 4 Juni 2024.

Baca Juga : Buka Baitul Arqam Lembaga Kemahasiswaan, Rektor Unismuh Ulas Tiga Tugas Muhammadiyah

“Alhamdulillah, selamat Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh raih akreditasi Unggul,” ungkap Prof. Andis, sapaan akrab Warek II Unismuh Makassar itu.

Proses Pencapaian

Saat dikonfirmasi, Ketua Prodi S1 Ilmu Pemerintahan Unismuh, Ahmad Harakan, M.H.I., menceritakan proses panjang yang mereka lalui dengan ISK Peringkat Akreditasi.

Baca Juga : Sekretaris PP Muhammadiyah Dorong Unismuh Masuk Radar Perguruan Tinggi Dunia

“ISK diimplementasikan berdasarkan Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 dan Peraturan BAN-PT Nomor 1 Tahun 2020. Dasar inilah yang mendorong kami untuk melakukan konversi dari akreditasi A menjadi Unggul,” kata Ahmad Harakan.

ISK, lanjutnya, merupakan instrumen tambahan yang digunakan untuk konversi peringkat akreditasi yang diperoleh dengan Instrumen Akreditasi 7 Standar menjadi peringkat akreditasi baru sesuai dengan Instrumen Akreditasi 9 Kriteria.

Terdapat empat instrumen kunci dalam ISK, yaitu instrumen dosen, instrumen kurikulum, instrumen penjaminan mutu internal, dan instrumen sistem pelacakan lulusan, jelas Ahmad Harakan.

Baca Juga : Unismuh Makassar Lantik 9 Pejabat Baru, Rektor: Bekerjalah dengan Hati

“Sekarang, Alhamdulillah, upaya kami telah membuahkan hasil sesuai harapan, yaitu Akreditasi Unggul. Tidak semua prodi yang melakukan pengusulan ISK dapat meraih pencapaian serupa,” ungkapnya.

Faktor pendukung keberhasilan ini meliputi dukungan penuh dari semua stakeholder, baik di tingkat universitas maupun fakultas, serta dukungan dari tenaga teknis profesional. Namun, perjalanan ini tidak lepas dari kendala.

Selain itu, banyak pihak yang berperan aktif dalam pencapaian ini, termasuk tim penginputan data, pimpinan prodi, Badan Penjaminan Mutu di tingkat universitas, GKM Fakultas, dan seluruh dosen.

Baca Juga : Menko PMK Muhadjir Effendi Kunjungi Unismuh Makassar, Bahas Sinergi Pemerintah dan Amal Usaha Muhammadiyah

Siapkan Akreditasi Internasional

Ahmad Harakan menambahkan bahwa program studi ini sedang mempersiapkan diri untuk Akreditasi Internasional. Kesuksesan ikhtiar internasionalisasi program studi telah dirintis sejak tahun 2016 melalui berbagai kegiatan seperti International Conference, Visiting Professor, Student Exchange, ISO 21001:2018, penerbitan Otoritas: Jurnal Ilmu Pemerintahan terindeks Web of Science, KKN Internasional, pembukaan kelas internasional hingga kegiatan prestisius lainnya.

"Ikut terlibat dalam Hibah PRELAB bersama University of Latvia, Dublin City University, Irlandia, dan lain-lain juga merupakan bagian dari upaya internasionalisasi ini," tambah Ahmad Harakan.

Baca Juga : 736 Mahasiswa Berprestasi Unismuh Raih Penghargaan dalam Kemahasiswaan Award 2024

Apresiasi Pimpinan

Dekan FISIP Unismuh, Dr. Ihyani Malik, memberikan komentarnya dengan sebuah pantun:

"Pergi ke toko membeli bahan

Baca Juga : 736 Mahasiswa Berprestasi Unismuh Raih Penghargaan dalam Kemahasiswaan Award 2024

Singgah sebentar di tepi tanggul

Selamat prodi ilmu pemerintahan

Telah mencapai akreditasi unggul"

Baca Juga : 736 Mahasiswa Berprestasi Unismuh Raih Penghargaan dalam Kemahasiswaan Award 2024

Ia melanjutkan dengan mengatakan, “Alhamdulillah, pencapaian yang luar biasa. Termasuk akreditasi yang lama kami tunggu-tunggu. Menjadi prodi ke-2 yang unggul dari 3 prodi di FISIP. Ini tidak lepas dari kerja keras tim dan dukungan dari semua pihak, mulai dari rektorat, BPM, hingga ke prodi."

“Kami cukup deg-degan menunggu hasil ini karena cukup lama jedanya setelah dikirim baru keluar hasilnya. Tapi Alhamdulillah, kerja keras membuahkan hasil yang manis. Hasilnya unggul. Hasil ini bukan pencapaian prodi Ilmu Pemerintahan semata, tapi adalah kesuksesan kita bersama,” kata Ihyani.

Apresiasi turut disampaikan Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse.

Baca Juga : 736 Mahasiswa Berprestasi Unismuh Raih Penghargaan dalam Kemahasiswaan Award 2024

"Alhamdulillah, Prodi Ilmu Pemerintahan menjadi Unggul. Terima kasih kepada Pimpinan Fakultas, Pimpinan Prodi bersama dosen dan Karyawan, yang secara sungguh- sungguh berusaha untuk mewujudkan akreditasi Unggul tersebut, barakallahu fikum," ungkap Nakhoda Unismuh itu.

Dengan predikat Unggul yang diraih Prodi S1 Ilmu Pemerintahan, saat ini Unismuh memiliki 16 Prodi yang telah terakreditasi Unggul, dan 6 Terakreditasi A. Prodi lainnya terakreditasi Baik Sekali dan B. Unismuh Makassar juga telah meraih akreditasi institusi Unggul BAN PT sejak Januari 2024.

#Unismuh Makassar #Akreditasi Unggul