Sabtu, 18 Mei 2024 08:45

Berbaur Fest 2024 Sajikan Hiburan dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Apresiasi

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Berbaur Fest 2024 Sajikan Hiburan dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno Apresiasi

"Kami berharap ekonomi kreatif di Kabupaten Barru terus tumbuh dan berkualitas. Pasarnya sampe international. Tujuannya tidak lain demi peningkatan perekonomian,"

RAKYATKU.COM, BARRU - Kabupaten Barru kembali dimeriahkan dengan gelaran Berbaur Fest 2024. Acara yang berlangsung di Alun-alun, Taman Colliq Pujie, Barru ini berlangsung selama tiga hari, dari 17 hingga 19 Mei 2024.

Berbaur Fest dibuka secara resmi oleh Bupati Barru, Suardi Saleh. Acara ini menghadirkan berbagai hiburan menarik, seperti musik, talkshow, community show, fashion show, workshop dan lainnya. 

Tak hanya itu, Berbaur Fest juga melibatkan para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk mereka.

Baca Juga : Penilaian Lomba Desa dan Kelurahan 2024: Dokter Ulfah Serukan Pelayanan Maksimal untuk Masyarakat

Kepala Disbudpar Provinsi Sulawesi Selatan, Muh. Arafah Palu, juga hadir dalam acara pembukaan. Dalam berbagai hal tersebut, Arafah berharap pariwisata Barru dapat maju hingga ke tingkat nasional. 

Ia juga mendorong pengembangan salah satu destinasi wisata unggulan Barru, yakni Lappalaona, dengan peningkatan infrastruktur seperti peningkatan akses jalan. Selain itu, ia berharap acara serupa dengan Berbaur Fest ini dapat diselenggarakan setiap tahun di Lappalaona.

“Kami berharap parisiwata di Barru bisa terekspos sampai tingkat nasional,” ujarnya.

Baca Juga : 53 Hafidz/Hafidzah Lulus dari UPTD SMPN 17 Barru, Ini Harapan Bupati Suardi Saleh

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, turut memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap Berbaur Fest. 

Dalam video testimoninya, Sandi berharap Berbaur Fest dapat menarik minat wisatawan untuk menyaksikan seni pertunjukan dan menggeliatkan ekonomi kreatif.

“Kami berharap ekonomi kreatif di Kabupaten Barru terus tumbuh dan berkualitas. Pasarnya sampai internasional. Tujuannya bukan demi peningkatan perekonomian,” kata Sandi Uno.

Baca Juga : Musda PPDI Barru: Suardi Saleh Ingatkan 3 Fokus Nasional untuk Desa

Bupati Barru, Suardi Saleh, dalam Berbagainya menyampaikan harapannya kolaborasi agar, pelaku seni dan UMKM dapat tumbuh bersama melalui Berbaur Fest ini. 

Menurutnya, sektor ekonomi kreatif menjadi potensi ekonomi yang dapat tumbuh positif. Ketika pariwisata maju, perhotelan, kuliner, dan transportasi juga akan maju dan merambah ke semua sektor.

“Kami optimis hal ini bisa berkelanjutan dan inklusivitas. Komunitas lokal bisa berkiprah sampai nasional bahkan di tingkat internasional. Dampak dari kegiatan Berbaur Fest ini tentunya kami harapkan dapat membawa kesejahteraan masyarakat kabupaten Barru,” ujarnya.

Baca Juga : Plt Ketua PKK Barru Harap Kelompok Majelis Taklim Nurul Huda Tetap Berlanjut

Suardi menambahkan, Berbaur Fest yang telah diselenggarakan tiga kali ini bisa diusulkan untuk masuk dalam acara kharisma nasional. Ia meminta Kadisparpora Barru untuk mempersiapkan hal ini.

Berbaur Fest 2024 diharapkan dapat menjadi momentum untuk meningkatkan potensi wisata dan ekonomi kreatif di Kabupaten Barru.

Turut hadir Kadis Budpar Propinsi Sulsel dan rombongan, Unsur Forkopimda, Kepala Disparpora, para asiten dan Staf Ahli , Pimp.OPD, Anggota DPR RI terpilih Teguh Iswara Suardi.

Baca Juga : Plt. Ketua TP PKK Barru: Indonesia Bebas TBC 2030, Butuh Peran Aktif Masyarakat

Yang lainnya para Dosen Politeknik Pariwisata Makassar, Camat Barru, Lurah Tuwung, Para Kepala Desa Wisata, Ketua KNPI Barru, Ketua Koni, Pokdarwis, Komunitas lokal, Para Pelaku Ekonomi Kreatif, serta undangan lainnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru