Senin, 22 April 2024 17:42

Bupati Barru Pimpin Penanaman 32.995 Pohon Secara Serentak dalam Peringatan Hari Bumi

Syukur Nutu
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru Pimpin Penanaman 32.995 Pohon Secara Serentak dalam Peringatan Hari Bumi

Suardi berharap agar pohon yang sudah ditanam dirawat dan dipelihara secara intens dan berkelanjutan sebagai aksi mitigasi perubahan iklim serta upaya meningkatkan stabilitas ketahanan pangan.

RAKYATKU.COM, BARRU - Dalam rangka memperingati Hari Bumi dengan tema "Menanam Pohon, Selamatkan Dunia", Bupati Barru, Suardi Saleh, memimpin Penanaman Pohon dan Sedekah Pohon Serentak se Kabupaten Barru di Halaman Kantor Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Barru, Senin (22/04/2024).

Acara ini dihadiri oleh Plt. Ketua TP PKK Kabupaten Barru, unsur Forkopimda, Kajari Barru, Sekda Barru, Wakapolres Barru, kepala UPTD KPH Ajattapareng DLHK Provinsi Sulsel, Danramil 1405-06 Barru, Sekretaris Pengadilan Agama Kabupaten Barru, para Asisten dan Staf Ahli, para pimpinan OPD, Manager PT Indonesia Power, dan tamu undangan lainnya.

Dalam arahannya, Bupati Barru menyampaikan bahwa penanaman pohon ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan. "Hari ini kita melakukan penanaman pohon sebanyak 32.995 pohon serentak di wilayah Kabupaten Barru," ujar Suardi.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

Suardi berharap agar pohon yang sudah ditanam dirawat dan dipelihara secara intens dan berkelanjutan sebagai aksi mitigasi perubahan iklim serta upaya meningkatkan stabilitas ketahanan pangan.

Setelah penanaman pohon di Barru, Bupati Barru mengikuti kegiatan peringatan Hari Bumi dirangkaikan Penanaman Pohon dan Sedekah Pohon serentak di 24 kabupaten kota Se Sulsel yang dipusatkan di Kabupaten Wajo secara Virtual di Ruangan Basic Kantor Bupati Barru.

Baca Juga : Ahmadi Akil Dilantik Jadi Penjabat Bupati Pinrang

Penjabat Gubernur Sulsel, Baharuddin Bahtiar dalam sambutannya menyampaikan bahwa hari ini merupakan momen istimewa bagi Sulawesi Selatan. 

"Hari ini kita laksanakan Peringatan Hari Bumi tingkat Provinsi Sulsel di Kabupaten Wajo sebagai pesan bahwa hari ini tidak ada Provinsi di dunia ini yang memperingati Hari Bumi sebesar hari ini," ungkap Bahtiar.

Bahtiar menambahkan bahwa penanaman 2 Juta pohon secara serentak di kab/kota se Sulsel menunjukkan kesadaran penuh akan keselamatan dan kelestarian bumi. "Bumi harus kita selamatkan, kita rawat," tegasnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

Peringatan Hari Bumi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan hidup. Penanaman pohon merupakan salah satu upaya nyata untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan dampak perubahan iklim.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barrru #Suardi Saleh #Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin