Selasa, 09 April 2024 16:19

Tips Meninggalkan Motor Saat Mudik agar Tidak Rusak ala Astra Motor Sulawesi Selatan

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
salah satu kantor cabang dan bengkel Astra motor Sulsel yang siap melanyani service kendaraan pelanggan sebelum mudik atau saat akan ditinggal mudik
salah satu kantor cabang dan bengkel Astra motor Sulsel yang siap melanyani service kendaraan pelanggan sebelum mudik atau saat akan ditinggal mudik

dicuci, motor dalam kondisi bersih dan kering. Yang tidak boleh luput, perhatikan kebersihan bagian kolong step floor pada motor matik, Cabut sambungan aki dan kurangi bahan bakar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Perawatan sepeda motor tidak hanya dilakukan saat digunakan, tetapi juga ketika ditinggal dalam waktu cukup panjang seperti selama mudik ke kampung halaman. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan sepeda motor tetap prima dan terhindar dari kerusakan.

Astra Motor Sulawesi Selatan selaku main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, pun membagikan tips bagi masyarakat yang meninggalkan sepeda motor di rumah selama mudik.

"Sehingga, aktivitas silaturahmi di kampung halaman tetap bahagia dan gembira. Kemudian, kita dapat beraktivitas produktif kembali setelah pulang dari kampung halaman dengan sepeda motor," ucap Technical Service Manager Astra Motor Sulawesi Selatan Nindyatama.

Baca Juga : Pahami Area Blind Spot, Berkendara #Cari_Aman di Jalan Raya

Nindyatama menuturkan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan agar sepeda motor Honda kesayangan tetap handal dan prima saat ditinggal mudik. Pertama, cuci bersih sepeda motor sebelum ditinggalkan untuk menghindari korosi atau karat sekaligus tidak meninggalkan bau tidak sedap selama ditinggal mudik.

"Usahakan dan pastikan juga, setelah dicuci, motor dalam kondisi bersih dan kering. Yang tidak boleh luput, perhatikan kebersihan bagian kolong step floor pada motor matik," ucapnya.

Hal kedua yang perlu dilakukan, kata Nindyatama, adalah mengurangi volume bahan bakar. Tips berikutnya yakni memastikan tekanan ban sesuai dengan ketentuan dan posisikan motor dengan standar tengah.

Baca Juga : Konsisten Tebar Kebermanfaatan, Astra Motor Sulawesi Selatan Salurkan Dua Hewan Kurban di Makassar

"Penggunaan standar tengah dapat membantu kestabilan motor tetap terjaga dan kondisi ban tidak menerima beban berlebih atau tertekan oleh bobot motor ketika dalam kondisi parkir," kata Nindyatama.

Kemudian, Nindyatama mengatakan bahwa melepas kedua kabel aki motor perlu dilakukan sebelum pergi mudik. Tujuannya untuk menghindari aki soak setelah ditinggal dalam waktu cukup panjang.

"Kita harus memastikan juga sepeda motor disimpan di tempat aman, tidak terkena panas, dan hujan. Supaya tetap bersih dari debu, kita dapat menggunakan sarung atau cover motor," ucapnya.

Baca Juga : Astra Motor Sulsel Gelar Ajang Tahunan Technical Skill Contest Ke 28

Adapun tips terakhir dari Nindyatama yakni memastikan sepeda motor sudah dikunci dengan baik dan benar, entah itu kunci setang maupun kunci tambahan. Tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

#asmo sulsel #Tips Meninggalkan kendaraan saat mudik