Selasa, 09 April 2024 10:45

Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Focus group discussion (FGD), silaturahmi, serta buka puasa bersama Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT) di Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, Kamis (4/4/2024). (Foto: PT Vale Indonesia)
Focus group discussion (FGD), silaturahmi, serta buka puasa bersama Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT) di Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, Kamis (4/4/2024). (Foto: PT Vale Indonesia)

Wabup Lutim, Mochammad Akbar Andi Leluasa, mengapresiasi kontribusi PT Vale dalam pengembangan SDM Lutim dalam FGD dan buka puasa bersama KKLT, sementara PT Vale menegaskan komitmen untuk berkolaborasi dengan Pemkab Lutim dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan SDM serta meminta dukungan untuk menciptakan iklim investasi yang optimal.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kontribusi PT Vale Indonesia dalam mendorong pengembangan sumber daya manusia (SDM) di Luwu Timur mendapat apresiasi dari Wakil Bupati (Wabup), Mochammad Akbar Andi Leluasa.

Hal tersebut disampaikan Akbar saat hadir dalam focus group discussion (FGD), silaturahmi, serta buka puasa bersama Kerukunan Keluarga Luwu Timur (KKLT) di Swiss-Belinn Panakkukang Makassar, Kamis (4/4/2024).

FGD digelar KKLT bersama pengurus Ikatan Pelajar Mahasiswa (IPMA) Luwu Timur bertema Membangun Sinergi dan Kolaborasi untuk Membentuk SDM yang Unggul di Luwu Timur.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Aktivitas investasi, khususnya pertambangan yang makin meluas di Luwu Timur, tentu membuka lapangan kerja yang besar. Itu menjadi alasan KKLT menggelar FGD. FGD digelar untuk mendapatkan masukan pihak-pihak terkait untuk pengembangan SDM, termasuk di antaranya PT Vale.

Akbar mengungkapkan sinergi berbagai pihak, baik pemerintahan dan swasta, telah membuat indeks kepuasan masyarakat terhadap pemerintah mencapai angka 75,6 persen.

Bahkan, dari sisi aspek pelayanan kesehatan menyentuh angka 94,39 persen berdasarkan survei terakhir. Itu juga selaras dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang meningkat menjadi 75,84 persen.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

"Tahun lalu, APBD kita Rp1,9 triliun dan pada 2025 APBD kita targetkan akan mencapai Rp2 triliun. Itu sejalan dengan SDM kita yang baik serta kehadiran pihak swasta yang ikut berkontribusi nyata," ucap Akbar.

Menurutnya, salah satu perusahaan di Sulsel, yakni PT Vale memberi kontribusi nyata untuk pemerintah daerah, membangun sinergi untuk pemberdayaan masyarakat, dan memberi kontribusi untuk Luwu Timur dalam mengembangkan SDM.

"PT Vale membangun sistem pelatihan vokasi untuk masyarakat Luwu Timur, mengembangkan skill-skill mereka untuk industri tambang. Banyak kegiatan untuk pengembangan potensi sumber daya manusia, pelatihan sekaligus dibantu pengadaan alat-alatnya. Kita selalu kolaborasi dengan PT Vale," jelasnya.

Baca Juga : RUPSLB PT Vale, Emily Olson Jadi Presiden Komisaris Baru

Dalam acara buka bersama itu, Director External Relation PT Vale, Endra Kusuma, yang hadir mewakili perusahaan, menegaskan komitmen PT Vale untuk terus berkolaborasi dan bersinergi dengan Pemda Lutim serta seluruh pemangku kepentingan.

"PT Vale akan terus berkolaborasi demi pengembangan SDM di Luwu Timur sesuai dengan mekanisme dan tata kelola perusahaan. Pengembangan SDM sangat penting baik dari aspek keahlian atau kompetensi (hard skill) dan karakter (soft skill)," terang Endra.

Menurutnya, perlu dilakukan pemetaan antara kebutuhan industri dengan rencana pengembangan SDM sehingga selaras antara kebutuhan industri dan keahlian tenaga kerja yang akan dikembangkan dan dihasilkan.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Berkelanjutan

Selain itu, perlu juga dibuatkan peta jalan bersama sehingga dapat ditentukan target dan langkah-langkah yang perlu dilakukan masing-masing pemangku kepentingan.

Endra juga menyampaikan terkait perlunya dukungan berbagai pihak, terutama pemerintah dan masyarakat, untuk mendukung iklim investasi. Investasi yang didukung pemerintah dan masyarakat akan membuka lapangan kerja yang optimal.

"PT Vale dan perusahaan lain yang beroperasi di Luwu Timur meminta dukungan dari Pemda Lutim dan masyarakat serta seluruh pemangku kepentingan untuk melakukan investasi karena dengan investasi maka peluang kerja dan usaha oleh masyarakat lokal akan lebih optimal. Tentunya investasi yang dilakukan harus memperhatikan lingkungan dan masyarakat lokal. Dukungan yang dibutuhkan seperti suasana aman dan kondusif, kemudahan perizinan, dan lain lain," bebernya.

Selalu Prioritaskan Perekrutan SDM Lokal

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

Head of People and Culture PT Vale Indonesia, Gustaf Ganna Songgo, menjelaskan dalam proses perekrutan karyawan, PT Vale senantiasa mengedepankan talenta lokal di tiap area operasional perusahaan, salah satunya di Luwu Timur.

"Untuk perekrutan SDM, kami di PT Vale selalu fokus ke Luwu Timur. Selain membantu mengembangkan SDM untuk adik-adik anak muda Luwu Timur, kami itu setiap membuka lowongan, selalu dua kali. Jadi, kita buka lowongan dulu khusus untuk calon tenaga kerja dari Luwu Timur. Nanti setelah itu, baru kita buka lowongan untuk nasional. Kita tidak membuka lowongan kerja skala nasional kalau tidak membuka dulu lowongan untuk Luwu Timur," jelasnya.

Gustaf menuturkan saat ini PT Vale gencar memperkenalkan perusahaan ke kampus-kampus, termasuk mengundang para mahasiswa untuk melakukan praktik lapangan di PT Vale.

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

"Kita sebelumnya telah melakukan co-ops untuk mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas), kita seleksi dengan memprioritaskan mahasiswa Luwu Timur. Hasilnya, sekitar 40 persen mahasiswa yang melakukan co-ops di Vale itu adik-adik dari Luwu Timur," ungkapnya.

Selain di Unhas, PT Vale sebelumnya juga telah melakukan roadshow di kampus kampus sekitar area operasional IGP PT Vale, seperti di Sulteng dan Sultra.

Ketua KKLT Luwu Timur, Mansjur Natsi, mengungkapkan dengan kegiatan FGD ini diharapkan Luwu Timur bisa menjadi daerah yang terus berkembang. "Kita tahu, Luwu Timur itu termasuk daerah yang terbaik. Tapi, seperti filosopi Jepang, kalau sudah baik harus bisa tambah baik lagi," tuturnya.

Baca Juga : PT Vale Pastikan Operasional Tanamalia Terapkan Good Mining Practices

Sementara, Guru Besar Unhas yang berasal dari Luwu Timur, Alimuddin, mendorong agar angkatan kerja dari Luwu Timur yang masuk PT Vale juga harus terus meningkatkan kompetensinya agar kariernya bisa naik dan menduduki posisi-posisi penting di tingkat pimpinan perusahaan.

Sejumlah pejabat dan tokoh yang turut hadir dalam FGD dan buka puasa bersama ini, di antaranya Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto, tokoh senior PP IPMA Luwu Timur, Asri Tadda, Ketua PP IPMA Luwu Timur, Haikun, serta jajaran manajemen PT Vale.

#PT Vale Indonesia