Kamis, 04 April 2024 10:05

Pemprov Sulsel dan Badan Kesbangpol Se-Indonesia Bukber Bareng Eks Napi Teroris

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Buka puasa bersama (bukber) Pemprov Sulsel bersama Badan Kesbangpol seluruh Indonesia dengan eks narapidana (napi) teroris di Lego-Lego CPI, Makassar, Rabu (3/4/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Buka puasa bersama (bukber) Pemprov Sulsel bersama Badan Kesbangpol seluruh Indonesia dengan eks narapidana (napi) teroris di Lego-Lego CPI, Makassar, Rabu (3/4/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel dan Badan Kesbangpol se-Indonesia buka puasa bersama dengan eks narapidana teroris di Makassar, menunjukkan upaya kolaboratif untuk rehabilitasi sosial dan reintegrasi eks narapidana teroris di lingkungan masyarakat.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemprov Sulsel bersama Badan Kesbangpol seluruh Indonesia berbuka puasa bersama (bukber) dengan eks narapidana (napi) teroris di Lego-Lego CPI, Makassar, Rabu (3/4/2024).

Ketua Yayasan Rumah Moderasi Makassar, Suryadi Mas'ud, mengaku sangat berterima kasih kepada Pemprov Sulsel yang mengundang eks napi teroris se-Sulsel.

"Alhamdulillah kami sudah diikutkan untuk seminar dan pelatihan dan anak-anak kami sudah bisa hadir untuk sekolah di sekolah-sekolah umum dan pondok pesantren," ungkap Suryadi.

Baca Juga : 18 Meninggal Tertimbun Longsor di Toraja, Pj Gubernur: Kita Gerakkan Semua Potensi Berikan Bantuan dan Evakuasi

"Kami juga sudah membuka tiga rumah belajar yang dibuat yayasan sendiri. Gunanya untuk anak-anak para eks napi teroris yang memang putus sekolah, belum tahu baca menulis," lanjutnya.

Eks Duta Besar ISIS Asia Tenggara yang sekarang jadi Ketua Yayasan Rumah Moderasi Makassar itu mengungkapkan yayasan ini jadi wadah bagi eks napi teroris yang berada di Sulsel.

"Bapak Gubernur dan seluruh hadirin yang kami hormati, Yayasan Moderasi Makassar ini diinisiasi Densus 88 Polda Sulsel dan Dirintelkam Polda Sulsel. Walaupun masih seumur jagung, alhamdulillah kami sudah memiliki usaha roti bakeri dan dua unit rumah potong ayam," ungkapnya.

Baca Juga : Dalam Rangka Hari Bumi, Pemprov Sulsel Libatkan Siswa Tanam Pohon Serentak

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menjelaskan buka puasa bersama ini juga dihadiri para pejabat dari Kemendagri. Dia mengakui tidak mudah mengelola keutuhan bangsa yang sangat besar ini, tetapi semua bisa melewati dengan baik.

"Ini tidak alami, tapi semua ada peran teman-teman di Kesbangpol di seluruh Indonesia," kata Bahtiar yang juga merupakan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

#Pemprov Sulsel