Kamis, 04 April 2024 08:15

Asistensi Teknis Kemendagri Dorong Pemutakhiran Data Desa di Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Asistensi Teknis Penegasan Batas Desa serta Pemutakhiran Data Nama Desa dan Kode Desa di Ruang Command Centre Lantai 4 Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (3/4/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Asistensi Teknis Penegasan Batas Desa serta Pemutakhiran Data Nama Desa dan Kode Desa di Ruang Command Centre Lantai 4 Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (3/4/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Asistensi teknis Kemendagri mendorong pemutakhiran data desa di Sulsel melalui kegiatan yang dihadiri perwakilan dari 21 kabupaten, bertujuan untuk mempercepat proses penegasan batas desa serta pemutakhiran data nama dan kode desa.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Plh. Direktur Fasilitasi Penataan dan Administrasi Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Ayu Firman, membuka Asistensi Teknis Penegasan Batas Desa serta Pemutakhiran Data Nama Desa dan Kode Desa di Ruang Command Centre Lantai 4 Kantor Gubernur Sulsel, Rabu (3/4/2024).

Kegiatan ini diikuti 21 kabupaten di Sulsel yang terdiri dari unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Bagian Hukum, serta Bagian Pemerintahan.

Asistensi teknis ini untuk meng-update data dan informasi mengenai penegasan batas desa serta pemutakhiran data nama desa yang telah dilaksanakan masing-masing kabupaten.

Baca Juga : Dalam Rangka Hari Bumi, Pemprov Sulsel Libatkan Siswa Tanam Pohon Serentak

"Semoga kegiatan ini dapat mempercepat proses penegasan batas desa serta pemutakhiran data nama desa dan kode desa yang ditandai dengan lahirnya peraturan bupati," harap Ayu Firman.

Dia mengungkapkan asistensi teknis ini diharapkan mampu menemukan solusi dari berbagai masalah yang sering ditemui tim teknis provinsi dan kabupaten di lapangan.

Kegiatan yang berlangsung sehari ini juga menjadi ajang monitoring dan evaluasi terhadap proses dan progres penetapan dan penegasan batas desa yang telah dilaksanakan pemerintah daerah melalui tim PPBDes, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten.

Baca Juga : Open House Bersama Kepala Daerah, Pj Gubernur Sulsel Harap Jaga Kekompakan

Plh. Kepala Dinas PMD Sulsel, Andy, menyampaikan terima kasih atas pembinaan yang selama ini telah dilakukan tim asistensi teknis penegasan batas desa serta pemutakhiran data nama desa dan kode desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri di Sulsel.

Meskipun saat ini, capaian Sulsel masih rendah, yaitu 3,3 persen (76 desa dari 2.266 desa) yang telah memiliki peraturan bupati, kondisi ini masih menempatkan Sulsel yang tertinggi di Pulau Sulawesi.

Menurut Andy, meskipun dihadapkan dengan banyaknya tahapan pelaksanaan penegasan batas desa, dengan semangat dan koordinasi yang baik, capaian Sulsel akan terus meningkat.

Baca Juga : Open House Lebaran Idulfitri Pj Gubernur Sulsel, Warga Berdatangan Pagi hingga Malam

Andy juga mengingatkan, penegasan batas desa ini menjadi syarat mutlak untuk pemekaran desa. Olehnya itu, diperlukan berbagai upaya sehingga desa-desa yang akan dimekarkan sudah jauh hari mempersiapkan diri dengan adanya penegasan batas desa.

#Pemprov Sulsel