Kamis, 28 Maret 2024 08:15

Peringatan Nuzululqur’an di Bone, Pemprov Sulsel Berbagi Bahagia dan Penghargaan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (kiri), saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan pemenang STQH Nasional XXVII Jambi. (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (kiri), saat menyerahkan penghargaan kepada perwakilan pemenang STQH Nasional XXVII Jambi. (Foto: Pemprov Sulsel)

Pada peringatan Nuzululqur'an di Bone, Pemprov Sulsel melaksanakan program Berbagi Bahagia, menguatkan semangat kekeluargaan, dan memberikan penghargaan kepada para pemenang STQH Nasional XXVII Jambi.

RAKYATKU.COM, BONE - Peringatan Nuzululqur'an pada 17 Ramadan 1445 H/2024 M Pemprov Sulsel dipusatkan di Kabupaten Bone, Rabu (27/3/2024). Pelaksanaannya berlangsung di Lapangan Merdeka dan rumah jabatan Bupati Bone.

"Saya Pj Gubernur Sulsel atas nama pemerintah dan masyarakat Sulsel dan kawan-kawan Forkopimda, tokoh agama, Kementerian Agama, mengucapkan selamat Nuzululqur'an di bulan Ramadan," kata Bahtiar Baharuddin.

Bahtiar mengatakan momentum 17 Ramadan dijadikan kesempatan untuk menguatkan semangat kekeluargaan sebagai umat beragama melalui program Berbagi Bahagia.

Baca Juga : Pengusaha Malaysia Investasi Rp1 Triliun di Sulsel

"Kalau kita tidak mampu membagi dalam bentuk barang, minimal memberikan senyuman dan kebahagiaan memperdengarkan kata-kata yang baik kepada orang-orang sekitar kita," tuturnya.

Adapun Rektor UINAM, Hamdan Juhannis, saat memberikan ceramah menyampaikan tema Berbagi Bahagia sangat cocok dikaitkan dengan momentum Nuzululqur’an.

Al-Qur’an sebagai kitab suci, kata dia, juga dapat disebut sebagai kitab berbagi kebaikan. Banyak ayat dan surat yang menyinggung tentang pentingnya berbagi dan perilaku kebaikan.

Baca Juga : Sulsel Masuk 5 Besar Provinsi Terbaik dalam Penerapan SPM

"Karena banyak ayat, surat, menyinggung tentang pentingnya berbagi. Al-Qur'an itu tujuannya untuk kebaikan. Banyak kata atau ungkapan yang menunjukkan bagaimana perilaku kebaikan dilakukan," ucapnya.

Hamdan mendorong kegiatan berbagi untuk dibudayakan, termasuk berbagi pohon. Inovasi seperti Sedekah Pohon, kata dia, perlu diapresiasi karena merupakan langkah baru yang luar biasa.

"Sedekah pohon ini inovasi, ini baru, luar biasa, baru saya dengar. Biasanya sedekah uang. Apresiasi untuk Bapak Gubernur," tuturnya.

Baca Juga : Terobosan Penjabat Gubernur Tekan Biaya Distribusi Barang di Sulsel

Pada kesempatan ini, Pj Gubernur Sulsel juga menyerahkan penghargaan dan hadiah kepada Kafilah Sulsel pada STQH Nasional XXVII di Jambi yang dilaksanakan 28 Oktober hingga 7 November 2023 lalu.

Adapun para penerima penghargaan sebagai berikut.

-Terbaik I, Muslihah Jamaludin, cabang hifzh Al-Qur'an golongan 30 juz (putri) dengan hadiah Rp250 juta

Baca Juga : Pj Gubernur Bahtiar Lantik Pejabat Administrasi dan Pengawas Lingkup Pemprov Sulsel

-Terbaik II, Irma Juliana Hasbullah, cabang musabaqah hadits, golongan hafalan 100 hadits dengan sanad (putri) dengan hadiah Rp100 juta

-Terbaik III, Nurfaizah Jamaluddin, cabang tafsir Al-Qur'an, golongan bahasa Arab (putri) dengan hadiah Rp75 juta

-Harapan I, Rozin Nasrullah, cabang musabaqah hadits, golongan hafalan 500 hadits tanpa sanad (putra) dengan hadiah Rp20 juta

Baca Juga : Serah Terima Jabatan Komandan Lantamal VI Makassar Dihadiri Penjabat Gubernur Sulsel

-Harapan II, Istiqlal, cabang tilawah, golongan anak-anak (putra) dengan hadiah Rp15 juta

#Pemprov Sulsel