Rabu, 27 Maret 2024 19:21

Wabup Gowa Buka Musrenbang RKPD: Rencana Pembangunan 2025 Harus Tepat dan Strategis

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Abd Rauf Malaganni
Abd Rauf Malaganni

Perencanaan pembangunan tahun 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini.

GOWA --- Perencanaan pembangunan daerah adalah hal penting untuk merencanakan pembangunan tahun depan, tahun 2025.

Hal ini diungkapkan, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten, di Baruga Tinggimae Kompleks Rumah Jabatan Bupati Gowa, Rabu (27/3).

Ia mengatakan, perencanaan pembangunan tahun 2025 harus betul-betul adaptif dengan perkembangan situasi yang kita hadapi saat ini.

Baca Juga : Hari Kedua Open House, Adnan-Kio Terima Ribuan Tokoh Masyarakat

“Apa yang kita kerjakan tahun ini akan memberi pondasi bagi tahun yang akan datang. Untuk itu, langkah tepat yang harus ditempuh demi menghasilkan perencanaan yang baik adalah dengan senantiasa melakukan penyempurnaan pada mekanisme dan tahapan perencanaan, serta senantiasa melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam perumusan substansi,” ungkapnya.

Lanjutnya, tahun 2025 adalah tahun ke empat bagi pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Gowa 2021-2026. Dengan visi terwujudnya masyarakat unggul dan tangguh dengan tata kelola pemerintahan terbaik, di harapkan penyusunan rencana kerja pemerintah lebih terintegratif dan mampu menjawab permasalahan serta tantangan yang dihadapi pemerintah daerah dan masyarakat secara tepat dan strategis.

“Melalui forum ini saya harapkan dapat menghimpun aspirasi masyarakat terhadap prioritas sasaran dan program pembangunan daerah. Sehingga nantinya dapat diperoleh komitmen dari para pemangku kepentingan pembangunan,” harap Kr Kio sapaan akrab Wabup Gowa.

Baca Juga : Ribuan Masyarakat Hadiri Open House Pemkab Gowa

Selain itu, momentum ini menjadi momen yang sangat berharga dalam merumuskan langkah-langkah strategis dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat kita.

Dengan fokus pada tema pembangunan tahun 2025 ‘ Peningkatan Kuqlitas Hidup Masyarakat yang Produktif dan Berkarakter’ ,Kabupaten Gowa dengan segala potensinya memiliki peluang besar menjadi daerah yang berdaya saing tinggi dan masyarakatnya yang sejahterah.

“Hal ini tidaklah mudah, ini membutuhkan kerja keras, kesungguhan dan kerjasama yang solid dari semua pihak yang terlibat,” tambahnya.

Baca Juga : Bupati Gowa Salat Idulfitri di Masjid Agung Syekh Yusuf

Sementara Kepala Badan Perencanaan Pembangunan daeran menyampaikan, Musrenbang yang kita laksanakan saat ini merupakan acara puncak dari rangkaian forum dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2025 yang dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan.

“Tujuan pelaksanaan acara Musrembang ini adalah untuk menyepakati usulan program dan kegiatan prioritas perangkat daerah Kabupaten Gowa tahun 2025. Menyepakati usulan program dan kegiatan prioritas pembangunan pemerintah daerah yang disinkronkan dengan arah kebijakan prioritas, sasaran pembangunan, dan kegiatan strategis provinsi dan nasional serta menjaring masukan terhadap penyempurnaan dokumen rancangan untuk penyusunan rancangan akhir RKPD Kabupaten Gowa tahun 2025,” jelasnya.

Tak hanya itu, pihaknya melaporkan bahwa sampai dengan 18 Maret 2024 kegiatan yang diusulkan untuk Didanai APBD Kabupaten Gowa tahun 2025 melalui aplikasi SIPD RI terhimpun sebanyak 3192.

Baca Juga : Pelayanan RSUD Syekh Yusuf Dipastikan Berjalan Normal

“Usulan kegiatan yang diusulkan masyarakat desa dan kelurahan sebanyak 2973 usulan, dan kegiatan serta pokok-pokok pikiran DPRD Kabupaten Gowa sebanyak 219 usulan kegiatan,” ungkapnya.

Musrenbang ini turut dihadiri Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa serta turut dilakukan penandatanganan berita acara terkait komitmen bersama pelaksanaan Musrenbang RKPD.

#Pemkab Gowa #Abd Rauf Malaganni