Rabu, 27 Maret 2024 05:14

Masyarakat Biringbulu Sambut Bahagia Pos Pelayanan Publik

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

Pos Pelayanan Publik dirancang untuk mempermudah sekaligus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

GOWA --- Pos Pelayanan Publik (PPP) yang dibangun Pemerintah Kabupaten Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni disambut bahagia masyarakat Biringbulu.

Hal itu terlihat usai orang nomor satu di Gowa itu meresmikan Pos Pelayanan Publik Kecamatan Biringbulu yang dirangkaikan dengan Safari Ramadan, Selasa (26/3).

Salah satu masyarakat Biringbulu, Dahlan Tata secara terang-terangan memuji program Adnan-Kio tersebut. Menurutnya pembangunan PPP ini merupakan bukti kecintaan pemerintah terhadap masyarakatnya karena mampu menyediakan pelayanan secara merata.

Baca Juga : Hari Kedua Open House, Adnan-Kio Terima Ribuan Tokoh Masyarakat

"Tentu kami sangat berterimakasih atas pembangunan PPP di kecamatan ini. Ini pertanda yang sangat luar biasa, kami selaku masyarakat bersyukur dan ini bukti nyata, cinta dan kasih sayang pemerintah kepada masyarakatnya sehingga kita tidak lagi membuang waktu, tenaga, uang lagi untuk mengurus pelayanan seperti KTP, KK, akte kelahiran ke Sungguminasa tapi cukup datang ke kantor ini," ungkapnya.

Dengan komitmen itu, Dahlan Tata menyebut Bupati Gowa mampu melakukan yang terbaik tidak hanya di Kabupaten Gowa tapi juga di Sulawesi Selatan secara keseluruhan.

"Ucapan yang terbaik dan Alhamdulillah, semoga bapak bupati bukan hanya memimpin Gowa tapi juga mampu memimpin Sulawesi Selatan di masa yang akan datang," jelasnya.

Baca Juga : Ribuan Masyarakat Hadiri Open House Pemkab Gowa

Hal yang sama diungkapkan Masyarakat Biringbulu Desa Pencong, Rusli. Menurutnya ini terobosan yang sangat luar biasa yang dihadirkan Pemkab Gowa. Menurutnya jika selama ini harus ke Sungguminasa melakukan pelayanan namun setelah diresmikannya PPP hari ini semua sudah dekat dan hemat biaya.

"Jarak dari sini ke Sungguminasa itu sangat jauh, dan untuk mengurus kependudukan pasti harus ke Sungguminasa. Namun alhamdulillah hari ini kita tidak harus lakukan ini cukup ke pos pelayan publik. Jadi pasti kami sangat terbanu dengan hadirnya pos pelayanan publik ini," sebutnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan PPP tersebut dirancang untuk mempermudah sekaligus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pasalnya Pos Pelayanan Publik ini akan terintegrasi dengan sistem pelayanan di Mal Pelayanan Publik pada beberapa SKPD terkait, sehingga mampu mengurangi beban pengeluarannya tanpa harus datang ke Sungguminasa.

Baca Juga : Bupati Gowa Salat Idulfitri di Masjid Agung Syekh Yusuf

"Posisi PPP ini hampir sama dengan Mal Pelayanan Publik (MPP) yang kita bangun di Sungguminasa untuk seluruh jenis pelayanan,  namun PPP dikhususkan bagi masyarakat dataran tinggi agar tidak perlu ke Sungguminasa dan itu akan menghemat biaya. Cukup ke PPP karena nantinya semua jaringan atau sistem tekoneksi dengan pelayanan dinas terkait salah satunya pelayanan Disdukcapil," ungkapnya.

Beberapa pelayanan yang akan ada di PPP ini kata Adnan yakni pengurusan KTP, KK, akte kelahiran, akte kematian dan pengurusan kependudukan lainnya, pembayaran PBB, BPHTB, hingga pelayanan untuk perizinan berusaha maupun non berusaha.

Usai meresmikan pos pelayanan publik, Bupati Gowa Didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni dan Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania beserta Jajaran Forkopimda dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa melaksanakan shalat tarawih bersama masyarakat Kecamatan Biringbulu di Mesjid Nurul Ikhlas Tarowattang, Desa Julukanaya Kecamatan Biringbulu, sekaligus menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 50 juta dan alat pertanian berupa hand traktor.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan