Kamis, 21 Maret 2024 21:28

Bupati Gowa: Peran Pemuda Sangat Dibutuhkan dalam Pembangunan Daerah

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Adnan Purichta Ichsan
Adnan Purichta Ichsan

Musrenbang Pemuda Tahun 2024 ini mengangkat tema "Kewirausahaan Pemuda Mendorong Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Ekonomi Lokal".

GOWA --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa merupakan salah satu daerah yang setiap tahunnya rutin melaksanakan Musrenbang Pemuda sebagai bentuk komitmennya untuk menyerap aspirasi para pemuda dalam merumuskan program perencanaan pembangunan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan peran pemuda dalam pembangunan sangat dibutuhkan, sehingga dalam menyusun perencanaan Pemkab Gowa selalu melibatkan para organisasi pemuda hingga anak, perempuan dan disabilitas melalui pelaksanaan Musrenbang.

"Hari ini kita melakukan Musrenbang Pemuda,  dimana Gowa merupakan daerah di Indonesia yang  konsisten melaksanakan Musrenbang Pemuda setiap tahunnya, bahkan dua hari yang lalu kita melaksanakan Musrenbang Anak, Perempuan dan Disabilitas dan melaksanakan Musrenbang Tematik stunting dan juga kemiskinan ekstrem karena kita ingin perencanaan ke depan betul-betul menyentuh permasalahan yang ada dari segala sektor," ungkapnya saat membuka Musrenbang Pemuda di Baruga Tinggimae, Rujab Bupati Gowa, Kamis (21/3).

Baca Juga : Hari Kedua Open House, Adnan-Kio Terima Ribuan Tokoh Masyarakat

Musrenbang Pemuda Tahun 2024 ini mengangkat tema "Kewirausahaan Pemuda Mendorong Inovasi dan Kreativitas dalam Pengembangan Ekonomi Lokal," dimana salah satu prioritas pembangunan Kabupaten Gowa tahun 2025 yang tercantum dalam RKPD yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang merata dan berdaya saing, sehingga Kabupaten Gowa ingin lebih berperan dalam kebangkitan ekonomi provinsi, bahkan nasional, salah satunya melalui peran pemuda.

"Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tahun 2045 Indonesia akan menghadapi bonus demografi, namun bonus demografi itu mampu diraih jika kita memilik SDM yang unggul. Sehingga inilah pentingnya musyawarah rencana pembangunan pemuda untuk mempersiapkan Pemuda tahun 2045 mendatang, dengan harapan musrembang ini menjadi langkah penyempurna pembangunan kepemudaan di Kabupaten Gowa," jelasnya.

Olehnya ia meminta para organisasi pemuda yang ada mampu mempersiapkan diri mulai sekarang untuk menjadi generasi yang unggul dan memiliki kualitas kompetensi, sekaligus memberi saran dan masukan terkait program yang akan dijalankan oleh pemerintah dengan catatan terintegrasi drngan program prioritas pemerintah daerah.

Baca Juga : Ribuan Masyarakat Hadiri Open House Pemkab Gowa

"Mari kita berkolaborasi dengan baik karena kesuksesan itu bisa diraih dengan cara kolaborasi, bekerjasama dengan seluruh pihak. Hari ini kita buktikan dan mampu bekerja sama dengan seluruh organisasi kepemudaan yang ada," tambah Adnan.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan Kabupaten Gowa telah menerima penghargaan Kabupaten Layak Pemuda Tingkat Utama dari Kementerian Pemuda dan Olahraga, sehingga sejalan dengan itu Musrenbang Pemuda Kabupaten Gowa ini menjadi langkah penyempurna pembangunan kepemudaan di Kabupaten Gowa.

"Forum Musrenbang Pemuda ini bertujuan untuk menjadi media penyampaian aspirasi pemuda dalam pembangunan di Kabupaten Gowa, melalui diskusi dan usulan dalam bidang perluasan kesempatan memperoleh pendidikan dan keterampilan, hingga peningkatan peran serta pemuda dalam pembangunan sosial, politik, ekonomi budaya dan agama serta peningkatan potensi pemuda dalam kewirausahaan, peloporan dan kepemimpinan," jelasnya.

Baca Juga : Bupati Gowa Salat Idulfitri di Masjid Agung Syekh Yusuf

Kegiatan ini dihadiri 51 organisasi pemuda Kabupaten Gowa yang tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa dengan harapan output yang dihadirkan yakni rekomendasi bidang kepemudaan sebagai bahan masukan untuk membahas rancangan RKPD Kabupaten Gowa dalam Forum Musrenbang Kabupaten Gowa mendatang.

Salah satu perwakiln organisasi pemuda Forum Genre Kabupaten Gowa, Muhammad Ilham Anugrah Syam menyebut tahun 2023 kemarin sebanyak 14 jenis program yang diusulkan oleh organisasi pemuda dan berhasil terlaksana hingga 80 persen.

"Dari 14 usulan yang kita berikan terdapat 11 yang terakomodir, 1 belum terakomodir sedangkan 2 lainnya bukan merupakan kewenangan daerah. Sehingga dapat dipastikan sebagian besar program yang kita usulkan terlaksana dengan baik," sebutnya.

Baca Juga : Pelayanan RSUD Syekh Yusuf Dipastikan Berjalan Normal

Pada Musrenbang Pemuda ini turut dihadiri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni, Pj Sekda Gowa, Abdul Karim Dania, dan para pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa.

#adnan purichta ichsan #Pemkab Gowa