Minggu, 17 Maret 2024 08:50

Bupati Gowa Resmikan Pos Pelayanan Publik di Tombolopao

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa Resmikan Pos Pelayanan Publik di Tombolopao

Pos Pelayanan Publik ini akan mengakomodir masyarakat dataran tinggi yang ingin memperoleh pelayanan.

GOWA --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Hal itu terbukti dengan diresmikannya Pos Pelayanan Publik (PPP) Kecamatan Tombolopao yang dipercaya mampu mendekatkan pelayanan ke masyarakat sekitar, hingga menekan pengeluaran masyarakat.

Camat Tombolo Pao, Astan mengatakan inovasi Pos Pelayanan Publik yang dihadirkan Pemkab Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni ini sangat bermanfaat bagi masyarakatnya. Menurutnya dengan hadirnya PPP ini mampu mengurangi pengeluaran masyarakat ketika ingin mengurus pelayanan.

"Suatu inovasi yang besar manfaatnya dan membantu masyarakat khususnya di dataran tinggi, dimana dalam setiap kepengurusan dokumen misalnya kependudukan dan perizinan tidak perlu lagi ke Sungguminasa yang bisa memakan biaya minimal Rp 300 ribu, namun hari ini diresmikannya PPP Kecamatan Tombolopao akan menekan biaya pengeluaran dan bisa dialihkan ke kebutuhan lainnya," ungkapnya, Sabtu (16/3).

Baca Juga : Prevelensi Stunting Gowa Turun 11,9 Persen

Hal yang sama diungkapkan, salah satu masyarakat Tombolo Pao, Samsul Arif. Menurutnya hadirnya PPP ini mampu menghemat biaya pengeluarannya terlebih ketika ingin mendapatkan pelayanan. Pasalnya saat ini tidak harus datang ke Sungguminasa, namun di Kantor Camat sudah mampu melayani apa yang diinginkan.

"Tentu kami sebagai masyarakat sangat mengapresiasi program pembangunan ini, karena kebanyakan masyarakat yang ingin mengurus masalah kependudukan, perizinan dan lainnya harus ke Sungguminasa yang biayanya tidak sedikit, tetapi hadirnya pos pelayanan publik ini akan ada penghematan biaya bagai kami," jelasnya.

Ia berharap Pemkab Gowa mampu terus melanjutkan pembangunan yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga : Hari Otoda Ke-28 Tahun, Pemkab Gowa Siap Sukseskan Program Nasional

Sementara Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengaku dirinya bersama Wakil Bupati Gowa terus berupaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya secara merata. Menurutnya setelah diresmikannya Mal Pelayanan Publik (MPP) beberapa waktu lalu untuk mengakomodir masyarakat di dataran rendah, maka Pos Pelayanan Publik ini akan mengakomodir masyarakat dataran tinggi yang ingin memperoleh pelayanan.

"Kalau kita belum mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, maka kurangi bebannya terlebih dahulu, inilah yang kita lakukan melalui Pos Pelayanan Publik di seluruh kecamatan dataran tinggi. Masyarakat disini yang ingin mengurus kependudukan, perizinan dan lainnya tidak perlu lagi jauh-jauh tapi cupuk datang ke pos pelayanan publik semua telah terlayani," katanya.

Pada kesempatan itu, dirinya meminta seluruh pegawai kecamatan dilatih terlebih dahulu agr mampu melayani masyarakat dengan baik dan mengintegrasikan sistem yang ada sehingga seluruh pelayanan di Disdukcapil bisa terintegrasi.

Baca Juga : Pemkab Gowa Siap Gagas Sistem Penanggulangan Bencana Berbasis Teknologi

"Pegawainya dilatih bagaimana melayani dengan baik, jika nantinya tidak bisa melayani dengan baik maka akan dievaluasi secara keseluruhan," tegas orang nomor satu di Gowa ini.

Usai melakukan peresmian, Bupati Gowa bersama Wabup Gowa dan Forkopimda Gowa melakukan buka puasa bersama yabg dilanjutkan dengan tarawih bersama di Masjid Nurul Yaqin Mangngontong, Desa Tonasa, Kecamatan Tombolopao dan memberikan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp50 juta serta 2 (dua) unit hand traktor untuk masing-masing kelompok tani Desa Erelembang dan Desa Tonasa.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan