Kamis, 14 Maret 2024 15:15

Bacaan Surat Yusuf untuk Ibu Hamil yang Bisa Bunda Amalkan

Rakyatku.com
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi.
Ilustrasi.

Bacaan Surat Yusuf untuk ibu hamil memberikan panduan amalan yang dianjurkan dalam Islam, dengan menekankan pentingnya memahami ayat-ayat Al-Qur'an sebagai petunjuk yang jelas. Surat ini mengisahkan kisah Nabi Yusuf as. dan keluarganya serta menyampaikan pelajaran moral yang berharga bagi setiap pembacanya.

RAKYATKU.COM - Bacaan Surat Yusuf untuk ibu hamil menjadi salah satu amalan yang harus dilakukan oleh setiap muslim, terutama para muslimah.

Selama fase kehamilan, tentunya para ibu hamil dianjurkan untuk memperbanyak doa, istigfar, dan selawat.

Nah, buat bunda yang ingin tahu bacaan Surat Yusuf beserta artinya, yuk kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

Ayat 1

Alif lām rā, tilka āyātul-kitābil-mubīn(i).
Artinya: “Alif Lām Rā. Itulah ayat-ayat Kitab (Al-Qur’an) yang jelas (arti dan petunjuknya).”

Ayat 2

Innā anzalnāhu qur'ānan ‘arabiyyal la‘allakum ta‘qilūn(a).
Artinya: “Sesungguhnya Kami menurunkannya (Kitab Suci) berupa Al-Qur’an berbahasa Arab agar kamu mengerti.”

Ayat 3

Naḥnu naquṣṣu ‘alaika aḥsanal-qaṣaṣi bimā auḥainā ilaika hāżal-qur'ān(a), wa in kunta min qablihī laminal-gāfilīn(a).
Artinya: “Kami menceritakan kepadamu (Nabi Muhammad) kisah yang paling baik dengan mewahyukan Al-Qur’an ini kepadamu. Sesungguhnya engkau sebelum itu termasuk orang-orang yang tidak mengetahui.”

Ayat 4

Iż qāla yūsufu li'abīhi yā abati innī ra'aitu aḥada ‘asyara kaukabaw wasy-syamsa wal-qamara ra'aituhum lī sājidīn(a).
Artinya: (Ingatlah) ketika Yusuf berkata kepada ayahnya (Ya‘qub), “Wahai ayahku, sesungguhnya aku telah (bermimpi) melihat sebelas bintang, matahari, dan bulan. Aku melihat semuanya sujud kepadaku.”

Ayat 5

Qāla yā bunayya lā taqṣuṣ ru'yāka ‘alā ikhwatika fa yakīdū laka kaidā(n), innasy-syaiṭāna lil-insāni ‘aduwwum mubīn(un).
Artinya: “Dia (ayahnya) berkata, “Wahai anakku, janganlah engkau ceritakan mimpimu kepada saudara-saudaramu karena mereka akan membuat tipu daya yang sungguh-sungguh kepadamu. Sesungguhnya setan adalah musuh yang jelas bagi manusia.”

Ayat 6

Wa każālika yajtabīka rabbuka wa yu‘allimuka min ta'wīlil-aḥādīṡi wa yutimmu ni‘matahū ‘alaika wa ‘alā āli ya‘qūba kamā atammahā ‘alā abawaika min qablu ibrāhīma wa isḥāq(a), inna rabbaka ‘alīmun ḥakīm(un).
Artinya: “Demikianlah, Tuhan memilihmu (untuk menjadi nabi), mengajarkan kepadamu sebagian dari takwil mimpi, serta menyempurnakan nikmat-Nya kepadamu dan kepada keluarga Ya‘qub, sebagaimana Dia telah menyempurnakannya kepada kedua kakekmu sebelumnya, (yaitu) Ibrahim dan Ishaq. Sesungguhnya Tuhanmu Maha Mengetahui lagi Mahabijaksana.”

Ayat 7

Laqad kāna fī yūsufa wa ikhwatihī āyātul lis-sā'ilīn(a).
Artinya: “Sungguh, dalam (kisah) Yusuf dan saudara-saudaranya benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi para penanya.”

Ayat 8

Iż qālū layūsufu wa akhūhu aḥabbu ilā abīnā minnā wa naḥnu ‘uṣbah(tun), inna abānā lafī ḍalālim mubīn(in).
Artinya: “(Ingatlah,) ketika mereka berkata, “Sesungguhnya Yusuf dan saudara (kandung)-nya lebih dicintai Ayah daripada kita, padahal kita adalah kumpulan (yang banyak). Sesungguhnya ayah kita dalam kekeliruan yang nyata.”

Ayat 9

Uqtulū yūsufa awiṭraḥūhu arḍay yakhlu lakum wajhu abīkum wa takūnū mim ba‘dihī qauman ṣāliḥīn(a).
Artinya: “Bunuhlah Yusuf atau buanglah dia ke suatu tempat agar perhatian Ayah tertumpah kepadamu dan setelah itu (bertobatlah sehingga) kamu akan menjadi kaum yang saleh.”

Ayat 10

Qāla qā'ilum minhum lā taqtulū yūsufa wa alqūhu fī gayābatil-jubbi yaltaqiṭhu ba‘ḍus-sayyārati in kuntum fā‘ilīn(a).
Artinya: “Salah seorang di antara mereka berkata, “Janganlah kamu membunuh Yusuf, tetapi masukkan saja dia ke dasar sumur agar dia dipungut oleh sebagian musafir jika kamu hendak berbuat.”

Ayat 11

Qālū yā abānā mā laka lā ta'mannā ‘alā yūsufa wa innā lahū lanāṣiḥūn(a).
Artinya: “Mereka berkata, “Wahai ayah kami, mengapa engkau tidak memercayai kami atas Yusuf, padahal sesungguhnya kami benar-benar menginginkan kebaikan baginya?”

Demikianlah ulasan singkat mengenai kumpulan Surat Yusuf untuk ibu hamil sehingga bisa bunda amalkan selama kehamilan.

#Pembahasan Surat Yusuf