Kamis, 14 Maret 2024 09:05

Pj Gubernur Sulsel Serahkan Alat Perajang Pisang untuk Masyarakat Bone

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penyerahan bantuan satu unit alat perajang pisang bagi masyarakat di Desa Batugading, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Rabu (13/3/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Penyerahan bantuan satu unit alat perajang pisang bagi masyarakat di Desa Batugading, Kecamatan Mare, Kabupaten Bone, Rabu (13/3/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulsel serahkan alat perajang pisang kepada masyarakat Bone dalam upaya meningkatkan produksi keripik pisang. Alat dari Politeknik ATI Makassar yang mampu memproses 150—200 kg pisang per jam.

RAKYATKU.COM, BONE - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan satu unit alat perajang pisang bagi masyarakat di Kecamatan Mare, Kabupaten Bone.

Penyerahan dilakukan di sela peninjauan lahan budi daya pisang cavendish di Desa Batugading, Rabu (13/3/2024).

Alat pencacah ini diciptakan Politeknik Akademik Teknik Industri (ATI) Makassar. Mesin ini mampu mengolah pisang 150—200 kg per jam.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

Plh. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Sulsel, Andy, mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan salah satu upaya pemerintah provinsi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Salah satunya, dengan memberikan bantuan bibit dan juga alat produksi.

"Untuk Kecamatan Mare ini, untuk masyarakat yang memiliki usaha kripik pisang kita berikan alat pencacah atau perajam pisang yang lebih modern, bekerja sama dengan Akademi Teknik Industri Makassar," katanya.

Dengan adanya bantuan ini, pihaknya yakin akan memudahkan para pelaku UMKM keripik pisang untuk lebih bisa mempercepat dan memperbanyak produksi karena sudah menggunakan listrik dan alatnya juga sederhana tepat guna.

Baca Juga : Ahmadi Akil Dilantik Jadi Penjabat Bupati Pinrang

"Tentunya masyarakat pemakai nanti bisa produksi dan kualitasnya bisa lebih bagus. Insyaallah ke depan ini bisa meningkatkan taraf hidup kelompok yang menerima bantuan tersebut," ujarnya.

Camat Mare, Andi Muhammad Hidayat Pananrangi, saat menerima bantuan tersebut menyatakan rasa syukurnya. "Kami bersyukur dan berterima kasih kepada Bapak Gubernur dengan berbagai macam bantuan yang diberikan," ucapnya.

Pada kesempatan itu juga diserahkan berbagai jenis bibit hortikultura, seperti semangka. "Ini akan kita alokasikan ke masing-masing desa berdasarkan kebutuhan lahan, karena ada berbagai macam lahan," jelasnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Pimpin Rakor Pemantapan Pilkada Serentak 2024

Diketahui, Mare merupakan lokasi pembibitan pisang cavendish.

#Pemprov Sulsel