Selasa, 12 Maret 2024 20:10

Keunikan Budaya Lokal, Wisman Banjiri Kampung Nelayan Mate'ne Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kampung Nelayan Mate'ne, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (12/3/2024).
Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Kampung Nelayan Mate'ne, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, Selasa (12/3/2024).

Kampung Nelayan Mate'ne di Barru, Sulawesi Selatan, menarik perhatian 33 wisatawan mancanegara yang membanjiri kampung tersebut untuk menikmati keunikan budaya lokal dan kegiatan sehari-hari masyarakat setempat.

RAKYATKU.COM, BARRU - Keindahan Kampung Nelayan Mate'ne di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan, makin dikenal di mata dunia. Tepat pada awal Ramadan 1445 H/2024 M, 33 wisatawan mancanegara (wisman) membanjiri kampung ini untuk menikmati keunikan budaya lokal, Selasa (12/3/2024).

Kedatangan rombongan dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Inggris, Kanada, dan Australia disambut hangat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Barru, Musmuntahar Syam. Mereka diberikan pengalungan sarung sebagai tanda keramahan dan kehangatan warga setempat.

Para wisman ini merupakan penumpang kapal pesiar Seaborn Oddessey yang berlabuh di Pelabuhan Parepare. Perjalanan mereka ke Barru diselenggarakan agen travel Destination Asia bekerja sama Vam Adventure.

Baca Juga : Gerakan Pangan Murah Pemkab Barru Diharap Ringankan Beban Masyarakat

Musmuntahar menjelaskan para wisman ini tertarik untuk melihat kegiatan sehari-hari masyarakat Mate'ne, termasuk proses penjemuran ikan dan pembuatan kapal bagang. Mereka juga tak ketinggalan melihat keunikan kapal bagang yang sedang bersandar di pinggir sungai. "Tadi mereka sangat tertarik dengan bentuk kapal bagang yang unik," ujarnya.

Selain menikmati kegiatan di kampung nelayan tersebut, para wisman juga dihibur pertunjukan seni tari dari Sanggar Colliq Pujie. Kehadiran mereka turut memeriahkan acara, bahkan beberapa dari mereka turut serta dalam menari bersama.

"Ini adalah kunjungan perdana dari wisman kapal pesiar dalam beberapa tahun terakhir. Kami berharap untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Barru, termasuk melalui kapal-kapal pesiar," ujar Musmuntahar.

Baca Juga : Bupati Barru Penuhi Undangan Buka Puasa Warganya

Kedatangan para wisman ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi perkembangan pariwisata di Barru serta menjadi promosi yang baik bagi destinasi wisata lokal.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #Disparpora Barru