Jumat, 08 Maret 2024 08:05

PT Vale Raih Penghargaan ASRA 2023

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: PT Vale Indonesia)
Ilustrasi. (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia meraih penghargaan Asia Sustainability Reporting Awards (ASRA) 2023, menjadi satu-satunya perusahaan pertambangan di Indonesia yang meraih penghargaan tersebut. PT Vale menerima perak untuk kategori Asia’s Best Sustainability Report (CEO Letter).

RAKYATKU.COM, JAKARTA - PT Vale Indonesia kembali meraih penghargaan Asia Sustainability Reporting Awards (ASRA) 2023.

Pada skala korporasi, PT Vale menjadi satu-satunya perusahaan pertambangan, dari hanya tiga perusahaan di Indonesia, yang meraih penghargaan ASRA 2023.

PT Vale memperoleh perak untuk kategori Asia’s Best Sustainability Report (CEO Letter). Sebelumnya pada ASRA ke-6, perusahaan meraih perunggu di kategori yang sama. Pelaksanaan penghargaan ini sudah memasuki tahun ke-9.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Dalam meraih penghargaan tersebut, PT Vale bersaing dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di 15 negara.

“Penghargaan ini menjadi bukti komitmen perseroan dalam melaporkan penerapan keberlanjutan secara transparan dan akuntabel. Kualitas laporan yang baik berasal dari program-program perusahaan yang terbukti mengatasi isu-isu keberlanjutan,” kata CEO dan Presiden Direktur PT Vale, Febriany Eddy, dalam keterangannya, Kamis (7/3/2024).

Febriany menjelaskan penghargaan ini sejalan dengan nilai PT Vale, yakni open and transparent dialog. Bagi PT Vale, kata dia, dalam menjalankan praktik pertambangan berkelanjutan adalah satu hal yang penting.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Selain itu, publikasi dari praktik pertambangan berkelanjutan tersebut juga tak kalah penting. Olehnya, PT Vale tiap tahun menaruh perhatian serius untuk menyusun laporan keberlanjutan, yang terbuka, transparan, sekaligus dapat menjadi refleksi atau sarana pembelajaran. Di luar itu juga bentuk tanggung jawab pelaksanaan program pada masyarakat.

"Saya mewakili PT Vale menyampaikan terima kasih atas apresiasi yang diberikan, tentunya capaian ini memberi motivasi kepada kami untuk berupaya lebih baik lagi dalam menjalankan program-program keberlanjutan yang menjadi core value PT Vale," jelas Febriany.

Mendapat pengakuan dari ASRA merupakan suatu pencapaian besar bagi sebuah perusahaan. Para pemenang dipilih melalui evaluasi ketat, melibatkan tiga putaran penilaian dan pemeriksaan reputasi.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

"ASRA memilih pemenang berdasarkan seleksi ketat terhadap penerapan keberlanjutan di Asia. Memilih laporan terbaik semakin sulit setiap tahunnya karena harus teliti dan berbasis data. Kami mesti melihat keberlanjutan di setiap laporan mencerminkan peningkatan kerja dan dampak serta transparansi,” kata juri ASRA, Managing Director dari Beyond Business Ltd, Elaine Cohen.

Pendiri ASRA dan Managing Director dari CSWorks, Rajesh Chhabara, menilai PT Vale telah menunjukkan komitmen kuat terhadap pelaporan keberlanjutan berkualitas tinggi.

“Laporan keberlanjutan mereka menetapkan standar, laporan harus secara transparan terhadap pengelolaan dampak, risiko, dan peluang keberlanjutan yang signifikan,” tuturnya.

Baca Juga : RUPSLB PT Vale, Emily Olson Jadi Presiden Komisaris Baru

Pelaporan keberlanjutan memungkinkan perusahaan untuk menilai dan menyampaikan kinerja keberlanjutannya, mengelola risiko, membangun kepercayaan dengan para pemangku kepentingan, dan menyelaraskan strategi bisnis dengan harapan pemangku kepentingan.

Pengakuan laporan keberlanjutan terbaik tidak hanya memberikan keunggulan kompetitif, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan hasil keuangan dan akses yang lebih luas ke modal.

Oleh karena itu, pelaporan keberlanjutan yang transparan sangat penting untuk menciptakan nilai berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan dan pemegang saham.

Baca Juga : Komisi VII DPR RI Dukung PT Vale Terus Jalankan Pertambangan Berkelanjutan

ASRA adalah sebuah proyek nirlaba yang didirikan perusahaan asal Singapura yang bergerak dalam layanan keberlanjutan, CSRWorks International. Didirikan pada 2015, ASRA menawarkan platform bergengsi bagi bisnis untuk menunjukkan komitmennya terhadap keberlanjutan.

#PT Vale Indonesia