Jumat, 08 Maret 2024 07:13

Kabupaten Layak Anak 2024, Pemkab Gowa Target Capai Nindya

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Dok
Dok

Kabupaten Gowa telah dua tahun berturut-turut meraih kategori Madya.

GOWA --- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali mempersiapkan diri menuju Kabupaten Layak Anak tahun 2024 dengan target menyandang Kategori Nindya. Setelah dua tahun berturut-turut meraih kategori Madya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Gowa, Kawaidah Alham mengatakan, saat ini pihaknya tengah bersiap untuk melakukan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak 2024.

"Kita sudah naik peringkat yang lalu itu kan Pratama, kemudian di tahun kemarin 2023 itu evaluasi untuk kegiatan kita di tahun 2022 itu sudah naik menjadi Madya, semoga tahun ini kan sudah mulai pengisian evaluasi mandiri, dimana kita yang menginput, masukkan semua data. Semoga nanti bisa naiklah peringkatnya menjadi Nindya," tuturnya saat dikonfirmasi Rabu (6/3).

Baca Juga : Pembukaan MTQ Sulsel, Adnan-Kio Beri Semangat ke Kontingen Gowa

Kawaidah menambahkan, pada rapat koordinasi Gugus Tugas Kabupaten Layak Anak Tahun 2024 ini melibatkan seluruh SKPD lingkup Pemkab Gowa, hingga para pengusaha dan lainnya.

"Kami melaksanakan rapat gugus tugas untuk pengumpulan dan penginputan data yang ada di aplikasi. Jadi yang terlibat bukan hanya SKPD, tapi jg ada perusahaan ada lembaga, ada organisasi perempuan dan semua organisasi yang ada di Kabupaten Gowa. Guna mengetahui bagaimana keterlibatan mereka di dalam pemenuhan hak anak itu," jelasnya.

Untuk mencapai Nindya, Kawaidah membeberkan harus ada kebijakan bersama, baik itu Perda Kabupaten Layak Anak, Perda Perlindungan Anak, kemudian setiap SKPD misalnya kesehatan ada nggak peraturannya tentang bagaimana ibu hamil, gizi dan sebagainya.

Baca Juga : Bupati Gowa: Keberlanjutan Program Pendidikan Makin Tingkatkan SDM Unggul

"Kemudian pada bidang pendidikan juga apakah ada peraturan yang mewajibkan anak untuk bersekolah, pendidikan gratis, bagaimana penanganan anak tidak sekolahnya, dan lainnya. Jadi harus ada semua kebijakan yang penting kebijakan dengan kegiatan nyata," terangnya.

Sementara itu, Ketua Forum Anak Hasanuddin Tamalajjua (Fahasta) Kabupaten Gowa, Moch Aidil Hayyul Qayyum mengatakan, Forum Anak adalah sebagai cerminan kesadaran pemerintah untuk memperhatikan perlindungan dan hak-hak anak yang sudah ada diatur dalam Undang-Undang dimana Forum Anak bertugas sebagai agen 2P yaitu Pelopor dan Pelapor.

"Kami siap mendukung Pemerintah Kabupaten Gowa dalam mewujudkan Gowa Kabupaten Layak Anak 2024," harapnya.

Baca Juga : Adnan Purichta Harap Kafilah MTQ Gowa Tunjukkan Kemampuan Terbaik

Pada Kabupaten Layak Anak, Forum Anak sangat berperan penting dalam hal penampungan aspirasi anak yang akan nantinya dilaporkan kepada pemerintah untuk selanjutnya sebagai pertimbangan pemerintah dalam pengambilan kebijakan.

"Forum Anak adalah tempat aspirasi anak yang di mana para anak-anak bisa mengajukan aspirasi-aspirasinya. bisa berpendapat tentang apa saja yang ia butuhkan di kabupatennya," ungkapnya.

#Pemkab Gowa