Rabu, 06 Maret 2024 19:39

Kaban Bappeda Makassar Sebut Ada Ribuan Usulan pada Musrembang

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kaban Bappeda Makassar saat ditemui disela-sela acara Musrembang di Claro hotel Makassar, Rabu(6/3)
Kaban Bappeda Makassar saat ditemui disela-sela acara Musrembang di Claro hotel Makassar, Rabu(6/3)

Ada 4000 usulan yang di terima , mayoritas bidang infrastruktur

RAKYATKU.COM, MAKASSAR-- Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar menggelar Musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kota Makassar Tahun 2024 di Hotel Claro, Makassar, Selasa (6/3/2024).

Musrenbang tahun ini mengangkat tema "Percepatan Pembangunan yang Inklusif dan Berkelanjutan",  yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Makassar, Camat, Lurah hingga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM).

Kepala Bappeda Makassar, Zulkifli Nanda mengatakan musrenbang RKPD ini merupakan tindak lanjut dari musrembang yang dilakukan sebelumnya pada tingkat kelurahan dan kecamatan. Lalu, dilanjutkan dengan menggelar Forum OPD dilingkup Pemkot Makassar untuk melihat hasil musrenbang disetiap OPD.

Baca Juga : Bappeda Makassar Gelar Musrembang RPJPD 2025/2045 tahap Pertama

Katanya usulan yang dimasukkan dalam Musrenbang RKPD Kota Makassar ini ada 4000 usulan yang didominasi dibidang infrastruktur.

"Hari ini kita rangkum semua usulan itu, dari musrenbang tingkat kecamatan termasuk dengan pokok-pokok pikiran dari anggota DPRD Kota Makassar. Usulan-usulan tersebut kemudian dimasukkan ke dalam Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPD)," ungkap Zulkifli Nanda.

Dalam proses seleksi tersebut, Bappeda Makassar mempertimbangkan program-program yang sudah dijalankan, serta hasil reses dan rapat dengar pendapat yang telah dilakukan oleh anggota DPRD Kota Makassar.

Baca Juga : Serapan Realisasi Anggaran 22 Opd Di Triwulan I 2024 Di Bawah Target 25 Persen Kepala Bappeda Makassar; Butuh Strategi

Sebagai tahap akhir, setelah proses seleksi, Zulkifli mengatakan usulan-usulan tersebut akan disusun ulang dan diinput ke dalam SIPD, sebagai langkah terakhir sebelum implementasi program-program pembangunan di Kota Makassar.

"Tetapi sebelum diinput, kita masukkan dulu ke dalam SIPD apakah programnya ini bisa dilaksanakan atau tidak. Apakah sudah dijalankan, itu kita seleksi," terang Zulkifli

#Musrembang #Bappeda Makassar #Zulkifli Nanda