Rabu, 06 Maret 2024 13:10

Luwu Utara Jadi Tuan Rumah Pelatihan Pelatih dan Wasit Bola Voli Se-Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pembukaan pelatihan pelatih dan wasit bola voli indoor di Aula La Galigo, Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (5/3/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Pembukaan pelatihan pelatih dan wasit bola voli indoor di Aula La Galigo, Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (5/3/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)

Luwu Utara menjadi tuan rumah pelatihan wasit dan pelatih bola voli se-Sulsel dan Sulteng yang diikuti 77 peserta. Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, membuka resmi pelatihan yang diharapkan meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih dan wasit voli.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Sebanyak 77 pelatih dan wasit bola voli indoor dari kabupaten/kota se-Sulawesi Selatan (Sulsel) dan Sulawesi Tengah (Sulteng) mengikuti pelatihan yang dipusatkan di Kabupaten Luwu Utara, Sulsel.

Pelatihan yang akan berlangsung mulai 5 hingga 8 Maret mendatang itu dibuka secara resmi Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, di Aula La Galigo, Kantor Bupati Luwu Utara, Selasa (5/3/2024).

"Atas nama pemerintah, saya ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta yang datang dari kabupaten/kota se-Sulsel dan juga dari Sulteng," ucap Indah.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

"Terima kasih dan apresiasi yang tinggi juga kami sampaikan kepada segenap pengurus Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sulsel yang memercayakan Luwu Utara sebagai tuan rumah pelaksanaan pelatihan ini," lanjutnya.

Pada kesempatan itu, Indah mengatakan bahwa bola voli merupakan salah satu olahraga prestasi di Luwu Utara. Pada 2023 lalu, kata dia, menjadi tahun penyelenggaraan turnamen voli terbanyak di Luwu Utara.

"Voli adalah salah satu olahraga prestasi unggulan di Luwu Utara. Tiap event pasti selalu masuk final. Untuk itu, walau kita punya talent/atlet yang potensinya luar biasa, tapi tidak dilatih dengan baik, maka hasilnya tidak akan optimal," terangnya.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

"Saat ini Luwu Utara sudah punya wasit berlisensi A, kita berharap ke depan tentu lebih banyak lagi agar prestasi voli lebih baik dan lebih bersinar baik di tingkat provinsi hingga nasional," harapnya.

Sekretaris Umum PBVSI Sulsel, Hamka Sunusi, mengatakan pelatihan tersebut terlaksana atas dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara.

"Terima kasih kami sampaikan kepada pemerintah daerah, khususnya Ibu bupati, dan juga kepada Ketua PBVSI Luwu Utara. Kami menunjuk Luwu Utara sebagai tuan rumah karena merupakan sentra perbolavolian di wilayah Luwu Raya sekaligus sebagai salah satu kabupaten penyumbang terbesar atlet baik provinsi hingga tingkat nasional," bebernya.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Dari laporan Ketua PBVSI Luwu Utara, Muhammad Husni, kegiatan ini bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatih dan wasit dari kabupaten/kota di Sulsel.

"Para pelatih voli harus dibekali dengan ilmu pelatihan modern berlisensi. Tenaga wasit juga harus diperbanyak karena wasitlah yang menyampaikan aturan kepada pelatih. Pelatih dan wasit harus bersinergi untuk peningkatan kemajuan bola voli," tutur Husni yang juga Kapolres Luwu Utara.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani