Senin, 04 Maret 2024 10:10

Bupati Barru Dorong Transformasi Koperasi, dari Simpan Pinjam hingga Bisnis Lain

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh (kiri), saat menghadiri RAT ke-49 KPRI Bahtera Kabupaten Barru untuk tahun buku 2023 di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Barru, Ahad (3/3/2024).
Bupati Barru, Suardi Saleh (kiri), saat menghadiri RAT ke-49 KPRI Bahtera Kabupaten Barru untuk tahun buku 2023 di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Barru, Ahad (3/3/2024).

Bupati Barru, Suardi Saleh, mendorong transformasi koperasi, dari aktivitas simpan pinjam ke bisnis lain, dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Bahtera, sambil menekankan pentingnya partisipasi anggota untuk perkembangan yang maksimal.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, menghadiri sekaligus membuka RAT ke-49 KPRI Bahtera Kabupaten Barru untuk tahun buku 2023.

Acara yang digelar di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Barru, Ahad (3/3/2024), ini menjadi momentum penting bagi koperasi di daerah tersebut.

Suardi mengucapkan selamat kepada KPRI Bahtera atas pencapaian sebagai koperasi sehat dan sangat aktif di antara 108 koperasi lainnya di Barru.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

"Apresiasi setinggi-tingginya kepada pengurus, pengawas, dan anggota KPRI Bahtera yang telah melaksanakan RAT tepat waktu. Ini suatu prestasi yang membanggakan," ujarnya.

Suardi juga menekankan pentingnya RAT sebagai amanat Undang-Undang Koperasi dan Anggaran Dasar Koperasi serta sebagai pertanggungjawaban atas laporan keuangan tahun buku 2023.

Dia juga mengingatkan bahwa partisipasi anggota sangat menentukan perkembangan koperasi, sementara pengurus harus memberikan pelayanan maksimal kepada anggota.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

"Terkait perkembangan koperasi, kita memiliki kelebihan luar biasa dibanding lembaga pinjaman lainnya. Inilah saatnya koperasi menunjukkan keunggulannya, seperti yang kita lakukan hari ini dengan menggelar RAT," tambahnya.

Suardi pun mendorong koperasi untuk bertransformasi, tidak hanya bergerak dalam usaha simpan pinjam, tetapi juga mengembangkan bisnis lain, seperti minimarket dan memenuhi kebutuhan anggotanya serta bersaing dengan lembaga pinjaman atau pembiayaan lainnya.

Ketua KPRI Bahtera Barru, Abu Bakar, sementara itu pada kesempatannya menyampaikan laporan mengenai kondisi KPRI Bahtera, mulai dari organisasi, usaha, permodalan, hingga kesejahteraan.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

RAT juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi, UKM, dan Perdagangan Barru, Ushuluddin, serta pengurus dan anggota KPRI Bahtera Barru.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru #suardi saleh