Sabtu, 02 Maret 2024 08:05

243 Pelajar Ikuti Seleksi Paskibraka, Bupati Maros Tegaskan Tak Ada Istilah Orang Dekat

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Maros, Chaidir Syam (kiri), yang hadir dalam pembukaan tes pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) di Gedung Serbaguna Maros, Jumat (1/3/2024). (Foto: Pemkab Maros)
Bupati Maros, Chaidir Syam (kiri), yang hadir dalam pembukaan tes pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) di Gedung Serbaguna Maros, Jumat (1/3/2024). (Foto: Pemkab Maros)

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menggelar seleksi CAT, TWK, dan TIU bagi 243 pelajar SMA/SMK dan MA untuk paskibraka. Bupati Maros, Chaidir Syam, menekankan transparansi dan pentingnya pengabdian terhadap negara dalam pengibaran bendera. Seleksi dilakukan secara ketat dengan mempertimbangkan kriteria fisik dan kemampuan mental peserta.

RAKYATKU.COM, MAROS - Sebanyak 243 pelajar SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Maros mengikuti computer assisted test (CAT), tes wawasan kebangsaan, dan tes intelegensi umum (TIU) Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka).

Seleksi yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangol) ini berlangsung di Gedung Serbaguna Maros, Jumat (1/3/2024).

Bupati Maros, Chaidir Syam, yang hadir dalam pembukaan tes mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah lolos tahap administrasi. Dia menekankan bahwa seleksi ini dilakukan secara transparan dan diawasi langsung Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Baca Juga : Pemkab Maros Raih Penghargaan Most Child Friendly Distric CNN Indonesia Awards

"Tidak ada campur tangan timsel ataupun istilah kedekatan secara pribadi. Kalian semua generasi penerus," katanya.

Dia berharap para peserta dapat memberikan kemampuan terbaiknya dan menjaga kesehatan selama mengikuti tes.

"Semoga kalian semua bisa mengharumkan keluarga dan Kabupaten Maros," ujarnya.

Baca Juga : Bupati Maros Imbau Pemilik Kedai Tutup Siang Hari Selama Ramadan

Chaidir juga mengingatkan kepada para peserta bahwa pengibaran bendera merupakan simbol kecintaan terhadap negara.

"Wujudkan cinta kalian sebagai pelajar dengan memberikan pengabdian terbaik, yaitu belajar yang giat dan menjauhi narkoba dan hal-hal negatif," imbuhnya.

Kepala Kesbangpol Maros, Eldrin Saleh Nuhung, menjelaskan setelah tahap tes administrasi, terdapat 335 pelajar yang lolos. Namun, 92 pelajar lainnya dinyatakan gugur karena tinggi badan tidak sesuai dengan ketentuan dan buta warna.

Baca Juga : Bupati Maros Buka Bazar Murah Ramadan dan Festival UMKM Perseroda

"Hari ini, 243 calon paskibraka 2024 mengikuti tes CAT, TWK, dan TIU," ungkapnya.

Para peserta yang lulus CAT akan mengikuti tes kesehatan, tes parade, tes baris-berbaris, tes kesemaptaan, serta tes kepribadian dan wawancara.

Eldrin berharap para peserta mampu menunjukkan bakat dan potensi mereka sebagai calon paskibraka.

#pemkab maros #Chaidir Syam