Jumat, 01 Maret 2024 11:52

478 Qori dan Qoriah Bersaing di MTQ Gowa ke-45

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Abd Rauf Malaganni
Abd Rauf Malaganni

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 1-6 Maret di Desa Manjalling, Kecamatan Bajeng Barat

GOWA --- Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-45 Tingkat Kabupaten Gowa yang dirangkaikan dengan Pencerahan Qalbu Jum'at Ibadah di Masjid Agung Syekh Yusuf, Jum'at (1/3).

Abdul Rauf mengatakan MTQ ini merupakan upaya berjenjang yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gowa untuk dikembangkan dan nantinya akan mewakili Kabupaten Gowa ke jenjang yang lebih tinggi.

"Pelaksanaan secara berjenjang seperti ini memungkinkan kita untuk melakukan pemetaan serta pembinaan, sehingga dapat memproyeksikan prestasi di masa mendatang," ungkapnya.

Baca Juga : Hari Otoda Ke-28 Tahun, Pemkab Gowa Siap Sukseskan Program Nasional

Ia menyebut, kegiatan ini dilakukan sebagai ajang untuk melatih kemampuan peserta dalam membaca, memahami dan mengungkapkan kandungan Al Qur'an secara komprehensif, yang bertujuan memotivasi dan meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan kajian dan pendalaman ilmu agama.

"Kita ingin nantinya MTQ bukan hanya sebuah lomba membaca, menghafal atau mengkaji isi Al Qur'an, namun juga sebuah syiar untuk memperkuat keberadaan dan ajaran yang ada dalam Al Qur'an untuk diamalkan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan spirit dan energi bagi seluruh lapisan masyarakat untuk bisa mengamalkan pemahaman Al Qur'an secara nyata.

Baca Juga : Pemkab Gowa Siap Gagas Sistem Penanggulangan Bencana Berbasis Teknologi

Sementara Ketua Panitia yang juga Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania mengatakan kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 1-6 Maret di Desa Manjalling, Kecamatan Bajeng Barat yang diikuti sebanyak 478 qori dan qoriah, tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa dengan mengikuti 20 cabang lomba.

"Semoga seluruh peserta dapat mempersembahkan hasil yang maksimal karena nantinya para pemenang akan membawa nama Kabupaten Gowa di tingkat provinsi pada Mei mendatang di Kabupaten Takalar," katanya.

Pada kesempatan tersebut dirinya menyampaikan akan ada reward yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Gowa bagi mereka yang berprestasi dan berhasil mengharumkan nama Kabupaten Gowa di daerah, sehingga meminta seluruh peserta mampu bertanding dengan baik dan jujur.

Baca Juga : Pemkab Gowa Gagas Pelayanan Publik Berbasis HAM

"Ini tentu menjadi perhatian bagi kita, dimana apapun itu apalagi masalah keagamaan, akan menjadi perhatian khusus bagi pemerintah dan memberikan penghargaan kepada mereka berprestasi," jelasnya.

Pada pembukaan MTQ Ke-45 ini, Wabup Gowa turut mengukuhkan dewan hakim MTQ sekaligus menyerahkan bendera pataka kepada Kecamatan Bajeng Barat selaku tuan rumah pelaksanaan MTQ tahun ini.

#Pemkab Gowa #Abd Rauf Malaganni