Kamis, 29 Februari 2024 22:10

PLN dan Icon Plus Akan Operasikan PLTS Atap di Kawasan Pasir Putih Pulau Dutungan

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Penandatanganan Kontrak Kerjasama terkait pemasangan PLTS atap antara PLN Icon Plus dengan Pengelola Resort di Pulau Dutungan, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.
Penandatanganan Kontrak Kerjasama terkait pemasangan PLTS atap antara PLN Icon Plus dengan Pengelola Resort di Pulau Dutungan, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

PLN berkomitmen untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya, sebagai langkah strategis menuju penggunaan energi bersih di Indonesia

RAKYATKU.COM, BARRU - PLN dan Icon Plus siap menghadirkan listrik dengan total kapasitas 10,6 kilo Watt peak (KWp) yang bersumber dari Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap atau solar panel guna mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Pulau Dutungan, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Direktur Utama PLN Icon Plus, Ari Rahmat Indra Cahyadi, menekankan pentingnya penerapan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam transisi energi.

"PLN berkomitmen untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan, seperti tenaga surya, sebagai langkah strategis menuju penggunaan energi bersih di Indonesia," ujar Ari.

Baca Juga : Rasakan Kemudahan Isi Daya di SPKLU PLN, Ini Kata Pengguna Kendaraan Listrik Saat Mudik Idul Fitri 1445 H

Senior Manager PLN Icon Plus SBU Regional Sulawesi dan IBT, Rizky Ardiana Bayuwerti menargetkan PLTS Atap di Pulau Dutungan akan beroperasi di pertengahan tahun 2024 dan sejalan dengan upaya Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam menghadirkan listrik di Kawasan Pariwisata, termasuk Pulau Dutungan.

"Kami berharap proyek ini dapat selesai pada bulan Juni 2024 dan mulai beroperasi pada bulan Juli 2024," ungkap Rizky.

Rizky juga berharap langkah ini akan memberikan dampak positif dalam meningkatkan nilai jual serta perekonimian di Kawasan pasir putih tersebut.

Baca Juga : Dirut PLN Lakukan Inspeksi SPKLU Jalur Mudik, Pastikan 1.299 Unit Se-Indonesia Siaga Layani Pengguna Mobil Listrik

"Kami berharap pasokan listrik yang stabil akan mendorong peningkatan nilai jual, membuka peluang untuk kesuksesan dan prestasi di wilayah tersebut," ujar Rizky.

PLN ICON Plus merupakan Subholding PLN yang mengelola produk Layanan PLTS atap dengan memberikan solusi energi terbarukan yang ramah lingkungan kepada masyarakat melalui memanfaatkan potensi energi matahari.

General Manager PLN Unit Distribusi Sulewesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat, Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan Pulau Dutungan merupakan pulau kecil berpenghuni yang berada di gugusan Kepulauan Spermonde dan memiliki khas pasir putih nan menawan, hadirnya PLTS atap di Pulau Dutungan menjadi wujud nyata PLN dalam mencapai Net Zero Emission 2060 melalui pemanfaatkan energi baru terbarukan.

Baca Juga : Gelar Apel Siaga Kelistrikan Nasional, Dirut PLN Pimpin Kesiapan Keandalan Listrik Masa Lebaran 2024

“Hadirnya PLTS Atap di Pulau Dutungan menunjukkan komitmen PLN dalam penggunaan sumber listrik ramah lingkungan, sekaligus untuk meningkatkan bauran energi hijau di Indonesia,” kata Andy.

Saat ini, tercatat bauran Energi Baru Terbarukan (EBT) di Sistem Kelistrikan Sulawesi bagian Selatan (Sulbagsel) sebesar 45,78% di atas dari rata-rata target nasional di tahun 2025 yaitu 23%.

#pln #ICON Plus #barru #Pulau Dutungan