Rabu, 28 Februari 2024 07:15

MTQ XIII Luwu Utara Dimulai, Bupati Indah: Bangun Keharmonisan dan Moderasi Beragama

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Foto: Pemkab Luwu Utara)

MTQ XIII Luwu Utara dibuka Bupati Indah Putri Indriani yang menekankan untuk membangun keharmonisan dan moderasi beragama serta pentingnya pemahaman Al-Qur'an dan nilai-nilai toleransi dalam masyarakat. Kegiatan diikuti kafilah dari 15 kecamatan se-Luwu Utara dengan total 18 cabang lomba.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XIII tingkat kabupaten resmi dibuka Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Selasa (27/2/2024), di Desa Cendana Putih I, Kecamatan Mappedeceng.

Indah menyebut salah satu program pembangunan bidang agama adalah peningkatan pemahaman dan pengembangan nilai keagamaan di masyarakat di antaranya melalui MTQ.

"Kegiatan ini merupakan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar untuk mengagungkan kalam Ilahi, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Al-Qur'an bagi umat Islam," ucap Indah yang hadir bersama Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi, beserta Forkopimda Luwu Utara.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Indah menilai dengan tema Mewujudkan Masyarakat Qurani Menuju Luwu Utara yang Religius, Moderat, Maju, Mandiri, dan Harmonis, maka sangat tepat dengan kondisi saat ini di tempat pelaksanaan yang merupakan kawasan desa percontohan moderasi beragama.

"Dalam konteks fundamentalisme agama, maka untuk menghindari disharmoni perlu ditumbuhkan cara beragama yang moderat atau beragama yang inklusif/terbuka yang disebut moderasi beragama," terang Indah.

"Al-Qur'an juga harus menjadi inspirasi membangun nilai-nilai toleransi dan keharmonisan sekaligus solusi dari berbagai persoalan aktual umat dan bangsa," tuturnya.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Indah pun berharap kepada generasi muda yang terlibat dalam kegiatan ini makin memiliki pemahaman yang benar tentang isi kandungan Al-Qur'an.

"Kepada generasi muda Islam harus ditanamkan pemahaman tentang bagaimana Islam memandang keragaman dalam masyarakat. Menekankan tujuan penciptaan manusia yang bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling mengenal dan menghormati satu sama lain," pinta alumnus Ponpes Datok Sulaiman Palopo ini.

Pada kesempatan ini Indah juga mengapresiasi seluruh panitia pelaksana, Camat Mappedeceng, dan seluruh jajaran sebagai tuan rumah atas terlaksananya kegiatan MTQ.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Ketua panitia pelaksana, Andi Zulkarnain, melaporkan ada 18 cabang lomba yang akan diikuti kafilah dari 15 kecamatan se-Luwu Utara.

"Kafilah Seko 8, Masamba 24, Baebunta 20, Mappedeceng 46, Bone-Bone 34, Rongkong 9, Baebunta Selatan 16, Sukamaju 42, Malangke 41, Sukamaju Selatan 24, Sabbang 19, Malbar 25, Rampi 10, Sabsel 18, dan Tanalili 23 kafilah," sebut Andi Zul.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani