Kamis, 29 Februari 2024 09:10

PT Vale Dukung Pengembangan Potensi Pariwisata Kolaka, Bangun Jalan Penghubung Wisata Titian Beton

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peresmian pemanfaatan jalan penghubung wisata titian beton di Kelurahan Anaiwoi, Kecamatan Tanggetada, Kolaka, Sulawesi Tenggara. (Foto: PT Vale Indonesia)
Peresmian pemanfaatan jalan penghubung wisata titian beton di Kelurahan Anaiwoi, Kecamatan Tanggetada, Kolaka, Sulawesi Tenggara. (Foto: PT Vale Indonesia)

PT Vale Indonesia melalui program program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mendukung pengembangan sektor pariwisata dengan membangun jalan penghubung wisata Titian Beton di Kolaka, Sulawesi Tenggara, sebagai upaya untuk meningkatkan potensi pariwisata lokal.

RAKYATKU.COM, KOLAKA - PT Vale Indonesia Tbk. (PT Vale) Indonesia Growth Project (IGP) Pomalaa melalui program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mewujudkan komitmennya dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Salah satunya diwujudkan dengan andil membangun jalan penghubung wisata titian beton di Kelurahan Anaiwoi, Kecamatan Tanggetada, Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Pemanfaatan prasarana wisata itu diresmikan Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru, dan disaksikan Wakil Presiden Direktur PT Vale Indonesia, Adriansyah Chaniago, Rabu (21/2/2024).

Baca Juga : PT Vale IGP Morowali Gelar Halalbihalal, Perkuat Silaturahmi Pemangku Kebijakan Lokal

Hadir pula saat peresmian, Asisten II Setda Kolaka, Abbas, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kolaka, Achiruddin, Project Director PT Vale IGP Pomalaa, Mohammad Rifai, serta sejumlah leaders PT Vale.

Wakil Presiden Direktur PT Vale, Adriansyah Chaniago, mengatakan pembangunan jalan penghubung ini merupakan salah satu program PPM PT Vale IGP Pomalaa. Pembangunan prasarana jembatan tersebut menelan Rp1,071 miliar.

"Kita akan buktikan bahwa pariwisata juga dapat berkembang beriringan dengan pertambangan. Biasanya pariwisata baru bisa berkembang ketika pertambangan sudah tidak beroperasi," jelasnya.

Baca Juga : Wabup Apresiasi Kontribusi PT Vale Besar Kembangkan SDM Luwu Timur

Adriansyah menuturkan setahun yang lalu objek wisata ini belum eksis. Namun, pada kunjungan keduanya ini, objek wisata ini telah rampung. Dia menyadari program PPM yang dijalankan PT Vale IGP Pomalaa belum banyak, tetapi pihaknya berharap agar program PPM yang telah dijalankan ini bisa diterima.

“Mohon diterima sebagai niat baik kami untuk bisa tetap berkolaborasi dengan stakeholder dan masyarakat serta untuk menjaga lingkungan,” tuturnya.

Sebagai korporasi, kata dia, PT Vale berkomitmen terhadap 3P, yaitu planet, people, dan profit. Dia menegaskan PT Vale tidak hanya menargetkan profit, tetapi juga melihat dua hal lain yang tidak kalah penting, yaitu manusia serta menjaga keberlangsungan alam.

Baca Juga : Resmikan Jalan Layang Terpanjang di Lutim, Bupati: Dorong Pertumbuhan Ekonomi

“Secara periodik, tiga hal ini direviu dan dilihat pencapaiannya, bukan cuma untuk karyawan melainkan juga untuk manajemen dan direksi. Alhamdulilah 3P ini yang coba terus kita jalankan secara istikamah,” katanya.

Pj Bupati Kolaka, Andi Makkawaru, mengapresiasi PT Vale yang telah membangun jalan penghubung wisata titian beton di Kelurahan Anaiwoi. Menurutnya, pembangunan objek wisata berupa rangkaian jembatan ini merupakan wujud kepedulian PT Vale untuk berkolaborasi dengan pemerintah dalam rangka program pengentasan permukiman kumuh terpadu di Bumi Mekongga. Dia berharap objek wisata yang menelan biaya miliaran rupiah ini terus dijaga dan dipelihara.

“Tolong ini dijaga dan dipelihara. Karena biasanya itu mudah membangun, tapi pemeliharaannya itu yang sulit,” pesannya.

Baca Juga : PT Vale Sumbang 4.000 Bibit untuk Sedekah Pohon Pemprov Sulsel

Lurah Anaiwoi, Arwan, memuji komitmen PT Vale dalam mengembangkan potensi wisata di wilayah operasinya. Dia berharap keberadaan objek wisata terbaru di Kolaka ini dapat meningkatkan potensi pariwisata dan UMKM di wilayahnya.

“Selain membantu objek wisata ini, kami berharap pula agar PT Vale bisa memberikan dukungan kepada pelaku UMKM di tempat kami berupa pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka,” tuturnya.

#PT Vale Indonesia