Jumat, 23 Februari 2024 12:10

Enam SD di Luwu Utara Terima Champion Awards Program Healthier Smiles

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (kiri), saat menghadiri penyerahan penghargaan sekaligus pembukaan kegiatan program Healthier Smiles di Aula Bukit Indah, Kamis (22/2/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani (kiri), saat menghadiri penyerahan penghargaan sekaligus pembukaan kegiatan program Healthier Smiles di Aula Bukit Indah, Kamis (22/2/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)

Enam SD di Kabupaten Luwu Utara menerima penghargaan Champion Awards dalam program Healthier Smiles yang diselenggarakan Save The Children, Pemkab Luwu Utara, dan Yayasan Celosia Marennu Indonesia, sebagai pengakuan atas dedikasi mereka dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak-anak.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Enam sekolah dasar (SD) di Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan, menerima Champion Awards program Healthier Smile yang digagas Save The Children bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara dan Yayasan Celosia Marennu Indonesia.

Penyerahan penghargaan sekaligus pembukaan kegiatan program Healthier Smiles dihadiri langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, di Aula Bukit Indah, Kamis (22/2/2024).

“Saya menyampaikan apresiasi kepada Bapak-Ibu yang telah mengambil peran dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ini sebagai bentuk penghormatan, dedikasi luar biasa dalam memajukan kesehatan gigi dan mulut terhadap generasi penerus kita yang ada di Luwu Utara,” kata Indah mengawali sambutan.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Indah menyebutkan ada dua faktor utama yang memperburuk kesehatan mulut, yaitu konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula berlebihan dan perilaku yang kurang baik dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut.

“Berdasarkan temuan kita di lapangan, jajanan anak sekolah sudah aman tetapi belum sampai pada kategori sehat karena masih dominan gula, micin, dan minyak. Untuk itu, saya selalu menekankan tidak cukup hanya aman tetapi jajanan anak sekolah harus dipastikan sehat,” terangnya.

Oleh karena itu, lanjut Indah, kesehatan gigi anak-anak akan sangat berdampak pada kesehatan tubuh dan semangat mereka dalam bersekolah.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

“Kalau kita bicara healthier smiles berarti banyak senyum dan lebih sehat. Saya percaya jika kesehatan mulut dan gigi anak-anak kita bagus, itu biasanya akan mendorong selain pada kesehatan tubuh secara keseluruhan juga mendorong kepercayan diri anak kita,” ucap ibu dua anak ini.

Program Manager Healthier Smiles, Robert Nufninu, menyampaikan terima kasih kepada Bupati Luwu Utara, Indah putri Indriani, yang telah mendukung penuh kegiatan ini.

“Program ini bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan gigi dan mulut anak. Tentunya memberikan kontribusi bagi kesehatan anak secara keseluruhan. Selain itu, hal ini juga berkontribusi pada peningkatan keseluruhan kehidupan anak-anak,” jelas Robert.

Baca Juga : Disdikbud Luwu Utara Santuni Ratusan Yatim Piatu

SD yang berhasil meraih Champion Awards

1. UPT SDN 012 Buntu Torpedo sebagai pemenang Kategori Partisipasi Tantangan 21 Hari terbaik

2. UPT SDN 170 Putemata sebagai Pemenang kategori Sesi Terakurat (Cepat dan Tepat)

Baca Juga : Indah Minta HUT ke-25 Tahun Luwu Utara Mulai Massif Digaungkan

3. UPT SDN 181 Makitta sebagai Pemenang Kategori Peningkatan Pre dan Post Test Tertinggi

4. UPT SDN 178 Cappasolo sebagai Pemenang Kategori Trainer Terupdate

5. UPT SDN 097 Kattokoan sebagai Pemenang Kategori Dokter Cilik Terinovatif

Baca Juga : Dipimpin Bupati IDP, Pejabat Pemkab Lutra Tunaikan Zakat

6. UPT SDN 041 Padang sebagai Pemenang Kategori Sekolah All Rounded (pemenang semua kategori)

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani