Jumat, 23 Februari 2024 08:15

Presiden Jokowi Janjikan Pembangunan Stadion Baru di Makassar

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (kiri), dalam kunjungan kerja ke Kota Makassar, Sulsel, Kamis (22/2/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (kiri), dalam kunjungan kerja ke Kota Makassar, Sulsel, Kamis (22/2/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Presiden Jokowi menjanjikan pembangunan stadion baru di Makassar setelah mendengarkan aspirasi masyarakat Sulsel dan akan melibatkan Kementerian PUPR dalam pembangunannya, dengan lokasi di sport center Sudiang seluas 20 hektare yang telah disiapkan oleh Pemprov Sulsel.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan membangun stadion di Kota Makassar, Sulsel. Kabar baik itu diungkapkan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, usai mendampingi Jokowi dalam kunjungannya di Sulsel.

"Selama ini ada aspirasi dari masyarakat Sulsel ingin memiliki stadion. Kami tadi sudah melaporkan ke Bapak Presiden, sebenarnya kami juga sudah mengusulkan sejak tahun lalu, bersama Forkopimda, Pak Kapolda dan Pangdam. Tadi Bapak Presiden menjanjikan langsung, tahun ini dibangun stadion, insyaallah tahun ini dibangun di Sulsel oleh Menteri PUPR," ujar Bahtiar, Kamis (22/2/2024).

Jokowi, lanjut dia, memberikan arahan untuk menyampaikan kabar baik itu kepada masyarakat Sulsel. "Insyaallah aspirasi masyarakat Sulsel untuk memiliki sebuah stadion yang representatif tahun ini akan dibangun Kementerian PUPR," bebernya.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Menara Masjid Nurul Ilmi Himal SMPPSMADAGA Bone

Mendukung hal itu, Pemprov Sulsel sudah menyiapkan lokasi di sport center Sudiang seluas 20 hektare. "Anggaran (pembangunan) kami serahkan semuanya ke PUPR. Jadi, pemda menyiapkan lahan yang clear. Karena kita di kawasan Sudiang ada 75 hektare. Itu memang sudah sejak awal diperuntukkan untuk kegiatan olahraga," jelasnya.

"Saya sekali lagi tidak bisa menyembunyikan kebahagiaan karena hal yang sangat lama didambakan masyarakat kita, insyaallah tahun ini akan diwujudkan oleh Bapak Presiden kita. Saya sekali lagi sebagai gubernur sangat berterima kasih,” bebernya.

Menurutnya, hal ini membuktikan Jokowi mendengarkan sungguh-sungguh aspirasi masyarakat Sulsel. "Tugas saya menyiapkan lahannya clear. Lahan yang sangat clear milik Pemprov itu adanya di Sudiang dan memang sport center dan luasnya 75 hektare di situ. Lahan kami siapkan 20 hektare. Kawasan itu benar-benar bisa menjadi kawasan stadion yang layak dan bisa digunakan skala internasional," jelasnya.

Baca Juga : Dewan Adat Saoraja Bone Anugerahi Penjabat Gubernur Bahtiar Gelar Adat Daeng Mappuji

Dia mengaku dalam waktu dekat pihaknya akan diundang pemerintah pusat bersama dengan Wali Kota Makassar dengan Forkopimda Sulsel, Bupati Gowa, Bupati Maros, Bupati Pangkep, dan Bupati Takalar.

"Karena area ini menjadi kawasan satu integrasi, jadi kita harus memang merencanakan pembangunan kawasan Makassar dan sekitarnya terintegrasi," imbuhnya.

Sebelumnya, Pemprov Sulsel melalui Dispora telah melobi pemerintah pusat untuk membangun stadion di Sudiang. Bahkan, Pemprov berupaya agar program ini masuk dalam program nasional.

#Joko Widodo #Bahtiar Baharuddin #Pemprov Sulsel