Rabu, 21 Februari 2024 14:15

Musabaqah Tilawatil Qur'an Parepare Resmi Dimulai

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dede Harirustaman, memukul gendang sebagai tanda dimulainya Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Parepare.
Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dede Harirustaman, memukul gendang sebagai tanda dimulainya Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Parepare.

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Parepare resmi dimulai dengan pembukaan di Gedung Barugae rumah jabatan Wali Kota oleh Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dede Harirustaman, serta perwakilan forkopimda, ditandai dengan pemukulan gendang.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kota Parepare resmi dimulai. Pembukaan berlangsung di Gedung Barugae rumah jabatan Wali Kota, Rabu (21/2/2024).

MTQ dibuka Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dede Harirustaman, didampingi Kepala Kantor Kemenag Parepare, Fitriyadi, serta perwakilan forkopimda, ditandai pemukulan gendang.

MTQ kali ini ada lima cabang lomba, yakni seni baca Al-Qur'an tilawah, qiraah Al-Qur'an murattal, hifdz Al-Qur'an, tafsir Al-Qur'an, dan kaligrafi.

Baca Juga : Parepare-Samarinda Jajaki Kerjasama Peningkatan Daya Saing Daerah

"Melalui kompetisi tilawah ini, kita berusaha untuk membentuk generasi qurani yang hafal, memahami, dan mengamalkan isi Al-Qur'an dalam
kehidupan sehari-hari," kata Dede.

Dede berpesan MTQ tidak hanya mengejar prestasi dan keunggulan secara individu, tetapi juga memperkuat ukhuah islamiah antarumat.

"Semangat persaudaraan dan kebersamaan dalam mempelajari Al-Qur'an adalah inti dari pesan yang ingin disampaikan acara MTQ ini. Mari jadikan momen ini sebagai sarana untuk meningkatkan silaturahmi dan kebersamaan," pesannya.

Baca Juga : RS Andi Makkasau Parepare: Selamat Hari Pendidikan Nasional

Kabag Kesra Setda Kota Parepare, Muhammad Islah, mengatakan MTQ digelar di Masjid besar Al-Irsyad dan Al-Azhar Islamic Center Parepare yang akan berlangsung 21--23 Februari 2024.

MTQ kali ini oleh peserta perwakilan dari empat kecamatan se-Parepare dengan memperebutkan piala bergilir yang saat ini milik Kecamatan Ujung sebagai juara bertahan.

"Juara umum MTQ tingkat Parepare 2024 ini akan mendapatkan piala bergilir, sedangkan juara pada setiap cabang lomba akan mendapatkan piagam penghargaan dan uang pembinaan," paparnya.

Baca Juga : Tiba di IKN, Akbar Ali Minta Jajarannya Cari Potensi Untuk Kemajuan Kota Parepare

Adapun uang pembinaan yang diterima masing-masing juara sebagai berikut.

-Juara I: Rp10.000.000
-Juara II: Rp6.000.000
-Juara III: Rp4.000.000
- Juara Harapan: Rp1.500.000

Penulis : Hasrul Nawir
#Pemkot Parepare