Rabu, 21 Februari 2024 09:10

Pj Gubernur Bahtiar dan Bupati Suardi Saleh Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Raya Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Seremoni peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Barru yang bertepatan momentum peringatan HUT ke-64 Barru, Selasa (20/2/2024).
Seremoni peletakan batu pertama pembangunan Masjid Raya Barru yang bertepatan momentum peringatan HUT ke-64 Barru, Selasa (20/2/2024).

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, dan Bupati Barru, Suardi Saleh, meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Raya Barru. Proyek yang diharapkan menjadi ikon Barru ini menelan Rp25 miliar. Masjid ini direncanakan mampu menampung hingga 5.530 jemaah dengan struktur utama berupa beton bertulang dan baja berat serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk pemberdayaan masyarakat setempat.

RAKYATKU.COM, BARRU - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bersama Bupati Barru Suardi Saleh, meletakkan batu pertama pembangunan Masjid Raya Barru bertepatan momentum peringatan HUT ke-64 Barru, Selasa (20/2/2024).

Proyek pembangunan masjid yang berlokasi di Lasinri, Kelurahan Coppo, Kecamatan Barru, ini diproyeksikan menjadi sebuah ikon baru di Barru.

Suardi menjelaskan pembangunan masjid ini akan memiliki luas lahan mencapai 18.120 meter persegi atau sekitar 1,812 hektare dengan bangunan utama berukuran 45 meter x 45 meter atau sekitar 5.857,95 meter persegi serta tinggi bangunan 12 meter. Masjid ini dibangun dengan anggaran APBD Rp25 miliar.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Selain itu, masjid ini juga akan dilengkapi taman seluas 3.700,72 meter persegi, jalan 1.196,15 meter persegi, area parkir 7.365,68 meter persegi, dan menara setinggu 30 meter.

Masjid ini direncanakan mampu menampung hingga 5.530 jemaah dengan kapasitas pelataran suci mencapai 1.174 meter persegi dan total daya tampung mencapai 6.704 jemaah.

"Struktur utama pembangunan masjid ini terdiri dari beton bertulang dengan kombinasi struktur baja berat serta struktur fondasi pancang mini pile ukuran 20 x 20 cm dengan kedalaman 4,6 m," terang Suardi.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

Dalam upaya pemberdayaan masyarakat setempat, Saleh menyatakan setelah selesai dibangun, masjid ini akan memberdayakan warga sebagai pengurus. Selain itu, sejarah dari masjid yang ada sebelumnya juga akan dipertahankan, termasuk menara masjid.

"Kami juga akan melengkapi masjid ini dengan rumah imam, ruangan khusus untuk menerima tamu, dan fasilitas lainnya," katanya.

"Dengan pembangunan masjid raya ini, kami berharap bisa menyelesaikan pembangunan pada akhir tahun ini," imbuhnya.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Sebelumnya, Pj Gubernur Bahtiar beserta Pj Ketua PKK Sulsel, bersama Bupati Suardi Saleh telah melakukan berbagai kegiatan dalam rangkaian peringatan HUT Barru, termasuk penebaran benih ikan di Koramil Mangkoso, Kecamatan Soppeng Riaja, dan penanaman pohon sukun serta IB di Desa Lampoko, Kecamatan Balusu, serta meresmikan gedung perpustakaan Barru.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru