Rabu, 21 Februari 2024 08:15

Gedung Perpustakaan Baru Diresmikan, Padukan Sentuhan Modern dan Budaya Lokal

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Peresmian gedung perpustakaan daerah baru di Kabupaten Barru pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-64 Barru, Selasa (20/2/2024).
Peresmian gedung perpustakaan daerah baru di Kabupaten Barru pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-64 Barru, Selasa (20/2/2024).

Gedung perpustakaan baru di Barru, yang diresmikan pada peringatan HUT ke-64 Barru, menampilkan perpaduan antara desain modern dan warisan budaya lokal. Hadir menjadi pusat aktivitas budaya dan pendidikan literasi inklusif bagi semua kalangan masyarakat, dengan fasilitas lengkap dan aksesibilitas ramah bagi penyandang disabilitas.

RAKYATKU.COM, BARRU - Gedung perpustakaan daerah baru di Kabupaten Barru resmi dibuka untuk umum pada peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-64 Barru, Selasa (20/2/2024).

Peresmian dilakukan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, yang turut didampingi Bupati Barru, Suardi Saleh.

Gedung ini dibangun dengan pembiayaan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat senilai lebih dari Rp10 miliar. Gedung berlantai dua ini menjadi bukti nyata komitmen pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur pendidikan dan budaya di daerah.

Baca Juga : KKN Angkatan XXV STAI Al Gazali Barru Gelar Seminar Program Kerja di Desa Palakka

Desain gedung yang menawan merupakan karya arsitek Teguh Iswara Suardi, putra dari Bupati Barru sendiri.

Menariknya, gedung ini tidak hanya memadukan elemen-elemen gaya modern, tetapi juga mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya lokal.

Teguh menjelaskan inspirasi desainnya berasal dari lontara khas Bugis yang menciptakan kesan unik dan memikat bagi pengunjung.

Baca Juga : Audience dengan Bupati Barru, Pengurus Baru IKA Gappembar Siap Dilantik

"Gedung ini merupakan gabungan dari konsep kearifan lokal, konsep keberlanjutan, dan konsep inklusifitas," kata Teguh.

Alumnus Universitas KU Leuven, sebuah perguruan tinggi di Belgia, menegaskan gedung ini tidak hanya sebagai tempat penyimpanan buku, tetapi juga sebagai pusat aktivitas budaya dan pendidikan literasi yang inklusif bagi semua kalangan masyarakat.

Dalam gedung perpustakaan ini, pengunjung dapat menemukan beragam fasilitas, mulai dari koleksi buku terbaru hingga ruang baca yang nyaman, ruang digitalisasi, ruang pertemuan, dan bahkan akses jalan yang ramah bagi penyandang disabilitas.

Baca Juga : Bupati Barru Serahkan SK Pensiun Bagi 73 PNS dan SK Baru PPPK Bagi 145 Orang

Hal ini sejalan visi pemerintah untuk menciptakan ruang publik yang dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Barru, Fariadi Abujahja, mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah pusat dalam pembangunan gedung perpustakaan ini.

Diharapkan gedung baru ini akan menjadi pusat pengetahuan dan aktivitas literasi yang memberikan manfaat besar bagi masyarakat Barru serta menjadi simbol kemajuan dan kebanggaan bagi seluruh warga.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru