Selasa, 20 Februari 2024 16:15

Sidrap Siap Dijadikan Kawasan Khusus Durian Musang King

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)

Kabupaten Sidrap diproyeksikan untuk menjadi sentra produksi durian Musang King yang didorong upaya kolaboratif antara Pemprov Sulsel dan Pemkab Sidrap serta dukungan dari berbagai instansi terkait.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, berharap Kabupaten Sidrap tidak hanya menjadi lumbung beras hingga menjadi penyangga pangan nasional. Dia ingin Sidrap menjadi penghasil durian Musang King yang saat ini menjadi primadona di Asia Tenggara.

Bahtiar menyampaikan itu saat menghadiri peringatan HUT ke-680 Sidrap yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati Sidrap, Selasa (20/2/2024).

"Kabupaten Sidrap ini luar biasa. Sidrap adalah daerah penyangga pangan secara nasional, sampai Menteri Dalam Negeri memberikan penghargaan," katanya.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Lantik Penjabat Ketua PKK dan Dekranasda Pinrang

Bahtiar mengungkapkan Sulsel memiliki lahan yang sangat luas. Namun, dari 2 juta hektare, baru 700 ribu hektare yang dimanfaatkan untuk pertanian. Dia berharap lahan-lahan yang masih kosong bisa ditanami, termasuk di Sidrap.

Selain padi, Bahtiar ingin menjadikan Sidrap sebagai sentra durian Musang King. "Kita akan menjadikan sebagai kawasan khusus durian dan tahun ini kita bagikan 500.000 pohon durian Musang King kepada masyarakat Sulsel," ujarnya.

Begitu juga di sektor peternakan, Pemprov Sulsel dan Pemkab Sidrap terus melakukan pengembangan peternakan melalui inseminasi buatan (IB). "Termasuk peternakan kita melakukan inseminasi buatan secara gratis di seluruh Sulsel, supaya dua tiga tahun ke depan bisa menghasilkan sapi yang besar," ungkapnya.

Baca Juga : Ahmadi Akil Dilantik Jadi Penjabat Bupati Pinrang

Pj Bupati Sidrap, Basra, menyampaikan terima kasih kepada Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, dan Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah, serta seluruh kepala perangkat daerah lingkup Pemprov Sulsel yang sudah datang ke Sidrap.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin