Senin, 19 Februari 2024 08:10

Pj Gubernur Sulsel Dorong Parepare Kembali Jadi Pusat Niaga

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, pada peringatan HUT ke-64 Kota Parepare yang dipusatkan di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Ahad (18/2/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, pada peringatan HUT ke-64 Kota Parepare yang dipusatkan di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Ahad (18/2/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mendorong kembalinya Parepare sebagai pusat niaga dengan dukungan pertumbuhan ekonomi melalui pelabuhan dan pergudangan. Dia menekankan pentingnya produksi yang besar dari petani, nelayan, dan peternak serta mengingatkan bahwa pada abad ke-17, Parepare telah menjadi pusat perdagangan yang ramai.

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, didampingi Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, menghadiri peringatan HUT ke-64 Kota Parepare yang dipusatkan di Gedung Auditorium IAIN Parepare, Ahad (18/2/2024).

Dalam sambutannya, Bahtiar mengungkapkan keinginannya mengembalikan kejayaan Parepare sebagai pusat niaga atau perdagangan. Dia mendukung penuh pertumbuhan ekonomi Parepare melalui pelabuhan dan pergudangan.

Untuk membuat pelabuhan ramai, kata dia, harus didukung dengan produksi mumpuni agar kapal-kapal besar masuk mengambil hasil pertanian, hasil kelautan, perikanan, dan peternakan.

Baca Juga : Dalam Rangka Hari Bumi, Pemprov Sulsel Libatkan Siswa Tanam Pohon Serentak

"Nah, ini harus didukung dengan produksi yang sangat besar dari para petani, nelayan, dan peternak," kata Bahtiar.

Menurutnya, pelabuhan Parepare pada 1600-an merupakan pusat perdagangan yang sangat ramai dan menjadi pusat pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat.

"Kalau hari ini Parepare ingin menjadikan pelabuhan sebagai pusat ekonomi di Parepare, ini sebenarnya bukan menuju ke sana, tapi mengembalikan kejayaan Parepare di tahun 1600-an. Nah, kenapa hal ini kita tidak bisa lakukan?" ujarnya.

Baca Juga : Open House Bersama Kepala Daerah, Pj Gubernur Sulsel Harap Jaga Kekompakan

Pada momentum ini, dia menyampaikan kehebatan Sulsel tentunya didukung dari daerah-daerah hebat, salah satunya Parepare.

"Gubernur bisa hebat kalau semua pemerintah daerah hebat, kalau wali kota dan bupati yang hebat. Atas nama Pemprov Sulsel, kami mengucapkan selamat hari ulang tahun Parepare ke-64 tahun," ucapnya.

Pj Wali Kota Parepare, Akbar Ali, berharap bantuan dari Pemprov Sulsel untuk membantu pengembangan ekonomi melalui sektor pelabuhan dan pergudangan.

Baca Juga : Open House Lebaran Idulfitri Pj Gubernur Sulsel, Warga Berdatangan Pagi hingga Malam

"Kami butuh bantuan dari Pemprov Sulsel sebagai perwakilan pemerintah pusat di daerah," harapnya.

Hadir pada perayaan HUT Parepare tersebut, yakni jajaran pimpinan perangkat daerah Pemprov Sulsel dan Pemkot Parepare, Forkopimda Parepare, serta wali kota dan wakil wali kota yang pernah memimpin Parepare.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin