Minggu, 18 Februari 2024 08:14

Nasdem Unggul Sementara di Sulsel I, Fatmawati Rusdi Bakal Melenggang ke Senayan

Usman Pala
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Nasdem Unggul Sementara  di Sulsel I, Fatmawati Rusdi Bakal Melenggang ke Senayan

Dari total suara yg masuk sekira 51,26% atau 4.687 TPS, Partai Nasdem berada di posisi teratas dengan jumlah suara 100.493. Mengungguli Partai Golkar, 97.187 suara.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mantan Wakil Walikota Makassar, Fatmawati Rusdi, berpeluang besar mengamankan satu kursi DPR RI di Daerah Pemilihan (Dapil) Sulsel 1 di Pemilu 2024.

Berdasarkan hasil sementara penghitungan suara versi real count Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Pukul 22.00 WITA, Sabtu (17/2/24), Caleg DPR RI nomor urut 1 dari Partai Nasdem ini, sudah mendulang dukungan sekira 37.643. Unggul menghampiri 4.000 suara dari caleg nomor urut 2, Rudianto Lallo (Ketua DPRD Makassar).

Dari total suara yg masuk sekira 51,26% atau 4.687 TPS, Partai Nasdem berada di posisi teratas dengan jumlah suara 100.493. Mengungguli Partai Golkar, 97.187 suara.

Baca Juga : Jelang Pilkada, Ketua Nasdem Sulsel: Kita Butuh Masukan dan Saran

Dari jumlah suara yg berhasil didapatkan Partai Nasdem, bisa dipastikan telah mengamankan 1 kursi dari 8 kursi yang diperebutkan. Bahkan tidak menutup kemungkinan, partai nomor urut 5 ini bisa mendapatkan 2 kursi jika terjadi penambahan suara yang signifikan dari suara yang belum masuk ke real count KPU.

Mengacu data sementara, 1 kursi yang berhasil diamankan Nasdem, bakal menjadi milik Fatmawati Rusdi. Selain selisih suara dengan Rudianto Lallo semakin melebar, juga didasari hasil hitung cepat internal yang dilakukan tim Fatmawati Rusdi.

Sesuai data real count sementara tim Fatmawati Rusdi, dari total 4.138 TPS yang sudah terinput hingga Sabtu malam (17/2/24), Fatmawati sudah mendapatkan dukungan 57.918. Sementara di posisi kedua, ditempati Rudianto Lallo 46.521. Urutan ketiga, yakni Mario David 8.171, Achmad Dg Se’re 6.950, Tenri Olle YL 5.596, Riyana 1.408, Nasir 951, Azhar Usman 446. Total suara keseluruhan mencapai 127. 961.

Baca Juga : Tok! NasDem Sulsel Usung Tasming Hamid di Pilwalkot Parepare

Sekadar diketahui, di Pemilu 2019, Partai Nasdem berhasil merebut 1 kursi di Dapil Sulsel 1 DPR RI yang saat itu peraih suara tertingginya, yakni almarhum Rapsel Ali.

Namun bila membandingkan perolehan suara sementara Partai Nasdem di Pemilu 2024 untuk Dapil Sulsel 1 dengan hasil Pemilu 2019, hampir dipastikan partai yang diketuai Rusdi Masse di Sulsel ini bakal mengalami kenaikan. Apalagi masih ada sekira 48 persen TPS yang belum dimasukkan hasil penghitungan suaranya di real count KPU.

Salah satu tokoh masyarakat di Manggala, Suherman Andi, menuturkan, ia sangat senang bisa ikut mendukung Fatmawati Rusdi di Pemilu 2024. Selain karena layak menjadi wakil rakyat, juga kepedulian yang telah ditunjukkan Wabendum DPP Partai Nasdem selama ini, khususnya di Kota Makassar.

Baca Juga : Nasdem Siapkan Fatmawati Rusdi Maju Pemilihan Wali Kota Makassar

“Kalau Ibu Fatma kan sudah ketahuan latar belakang dan kepeduliaanya selama ini. Jadi itu alasannya kenapa mendukung beliau. Apalagi kurang lebih tiga tahun menjadi wakil walikota Makassar, sehingga sudah tahu apa yang mesti diperjuangkan saat terpilih menjadi anggota DPR RI,” sebut Suherman.

Sementara itu, simpatisan Partai Nasdem di Makassar, Muh Akbar mengatakan, ia sangat bangga menggunakan hak suaranya dengan mendukung caleg Partai Nasdem di semua tingkatan di Sulsel.

“Kalau untuk DPR RI, saya pilih Ibu Fatma. Mengingat beliau sudah punya pengalaman sebagai anggota DPR, dan tentu pengalaman pemerintahan sebagai mantan wakil wali kota,” pungkas Akbar. (*)

#Partai NasDem #Fatmawati Rusdi #Caleg DPR RI