Selasa, 13 Februari 2024 15:42

Bupati Gowa dan Forkopimda Tinjau TPS Pemilu 2024

Redaksi
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Gowa dan Forkopimda Tinjau TPS Pemilu 2024

Jumlah TPS yang tersebar se-Kabupaten Gowa yakni sebanyak 2.133 dengan jumlah DPT 561.624 pemilih.

GOWA --- Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Forkopimda, Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Kabupaten Gowa memastikan kesiapan Pemilihan Umum (Pemilu) yang jatuh pada 14 Februari (besok) dengan melakukan peninjauan di sejumlah TPS.

TPS yang dikunjungi yakni TPS 17 Kelurahan Tompobalang, Kecamatan Somba Opu, TPS 45,49,53 dan 54 di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga, Selasa (13/2).

"Saya bersama dengan pak Kapolres, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Bawaslu dan Ketua KPU hari ini melakukan pemantauan kesiapan TPS untuk dilaksanakannya pemilihan umum besok. Melihat dari kesiapan yang ada Insya Allah malam hari ini semua TPS telah selesai dibangun dan besok pagi mereka sudah bisa melaksanakan pemilihan," ungkapnya.

Baca Juga : Adnan Purichta Harap Kafilah MTQ Gowa Tunjukkan Kemampuan Terbaik

Tak hanya itu, pihaknya juga memastikan pemahaman penyelenggara dan petugas TPS setempat agar masyarakat yang datang untuk memilih diberi kemudahan dalam menyalurkan hak pilihnya, khususnya terkait persyaratan yang harus ada.

"Kami juga menanyakan langsung terkait persyaratan-persyaratan untuk memilih

sekaligus mengecek apakah semua penyelenggara ini sudah memiliki pemahaman yang sama sampai ke tingkat KPPS, seperti ketika masyarakat lupa membawa KTP itu bisa memilih atau mencoblos dengan alternatif memperlihatkan foto copy KTP atau foto KTP yang ada di handphone," jelasnya.

Baca Juga : Gowa Raih Penghargaan Pembangunan Daerah Terbaik Pertama Tingkat Sulsel Tahun 2024

Lurah Tompobalang, Andi Abd. Kadir Mappaturung mengatakan di wilayahnya terdapat 30 TPS dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 8.409 orang.

"TPS kita ada 30 dan ini bertambah empat jika dibadingkan pemilihan lalu. Khusus di TPS 17 ini Insya Allah kesiapannya akan selesai pada malam hari sehingga besok semua sudah siap dilakukan pemilihan," katanya.

Sementara di Desa Bontoala terdapat 54 TPS dengan jumlah DPT sebanyak 15.196 orang.

Baca Juga : Begini Suasana Nobar Timnas Indonesia di RTH Syekh Yusuf Gowa

Adapun jumlah TPS yang tersebar se-Kabupaten Gowa yakni sebanyak 2.133 dengan jumlah DPT 561.624 pemilih.

#Pemkab Gowa #adnan purichta ichsan