Rabu, 07 Februari 2024 15:30

Hasnawi Haris Daftar Jadi Calon Rektor UNM 2024--2028, Ini Sosoknya

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Hasnawi Haris saat mendaftarkan diri sebagai calon rektor UNM periode 2024--2028 di gedung Pinisi UNM, Rabu (7/2/2024).
Hasnawi Haris saat mendaftarkan diri sebagai calon rektor UNM periode 2024--2028 di gedung Pinisi UNM, Rabu (7/2/2024).

Hasnawi Haris, profesor dari Kabupaten Soppeng, Sulsel, mendaftar sebagai calon rektor UNM periode 2024--2028, dengan tekad melanjutkan perjalanan menuju pencapaian reputasi internasional universitas yang telah dibangun pemimpin sebelumnya.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Hasnawi Haris mengambil langkah besar dalam perjalanan panjang kariernya di kampus. Wakil Rektor Bidang Akademik (WR I) Universitas Negeri Makassar (UNM) itu akan bersaing berebut kursi rektor UNM periode 2024--2028.

Dari kediaman pribadinya di Perumahan Aroepala, Jalan Tun Abdul Razak, Kabupaten Gowa, Rabu (7/2/2024), Ketua Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulawesi Selatan (Sulsel) itu mendaftarkan diri ke gedung Pinisi UNM sekitar pukul 13.00 Wita.

Hasnawi menegaskan tekadnya untuk meneruskan perjalanan menuju pencapaian reputasi internasional yang telah dibangun Rektor UNM periode 2020--2024, Husain Syam.

Baca Juga : 9 Tim Bersaing Rebut Juara di Ajang Pertanian Berkarya VIII HMPS PTP FT UNM

"Saya memiliki niat suci yang tulus ikhlas untuk melanjutkan perjalanan ini demi pencapaian reputasi internasional UNM," ujar mantan Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS) UNM itu.

Profesor kelahiran 31 Desember 1967, Kabupaten Soppeng, itu bertekad melanjutkan kempimpinan Husain Syam. Dengan keyakinan dan komitmen kuat, Hasnawi mengaku siap meneruskan visi dan misi yang telah diletakkan Husain Syam demi kemajuan dan pengakuan UNM secara global.

"Delapan tahun kepemimpinan Profesor Husain Syam, UNM telah mencapai lompatan kemajuan. Saya memiliki niat suci yang tulus ikhlas melanjutkan untuk pencapaian reputasi internasional," terangnya.

Baca Juga : NH Raih Profesor Kehormatan, IAS: Sangat Layak, Karya Berbicara Lebih Kuat dari Kata

Sosok Hasnawi Haris

Lahir di Dusun Akkampeng, Kabupaten Soppeng, Sulsel, 31 Desember 1967 silam. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Dekan FIS UNM selama dua periode.

Pendidikannya dimulai dengan menyelesaikan pendidikan S1 di Jurusan Pendidikan Moral Pancasila/Kewarganegaraan di Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Ujung Pandang (sekarang UNM) pada 1992.

Baca Juga : Dosen Unismuh Nur Khadijah Razak, Raih Gelar Doktor di Pascasarjana UNM

Saat mahasiswa, dia aktif sebagai aktivis. Pernah menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa IKIP Ujung Pandang (sekarang Presiden BEM UNM).

Kemudian, melanjutkan studi magister bidang Ilmu Hukum Tata Negara di Program Pascasarjana Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Lalu, menyelesaikan studi S3 Bidang Ilmu Hukum Tata Negara di Universitas Airlangga.

Selama karier akademisnya, kerap mengajar mata kuliah, seperti Hukum Tata Negara, Hukum Administrasi Negara, Demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM), serta Metodologi Penelitian Ilmu Sosial.

Baca Juga : Rektor UNM Puji Muslimin Bando, Dukung Penuh Pendidikan Tinggi di Enrekang

Selain menjadi pengajar juga aktif dalam melakukan penelitian. Beberapa penelitian yang telah dilakukannya dalam beberapa tahun terakhir, antara lain tentang pengembangan model pengawasan legislatif dalam pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan untuk mewujudkan good governance di Kabupaten Sinjai.

Juga pernah meneliti sikap dan perilaku legislatif di bidang pengawasan dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik di Kabupaten Soppeng.

Di samping itu, penelitian tentang analisis hasil ujian nasional dalam rangka pemetaan dan pengembangan mutu pendidikan di Sulsel. Di luar kampus juga mengabdikan diri sebagai Ketua PGRI Sulsel.

#Hasnawi Haris #Universitas Negeri Makassar