Selasa, 06 Februari 2024 14:15

Disdukcapil Gowa Buka Layanan KTP-el Pemula Saat Libur dan Pencoblosan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala Disdukcapil Gowa, Edi Sucipto. (Foto: Pemkab Gowa)
Kepala Disdukcapil Gowa, Edi Sucipto. (Foto: Pemkab Gowa)

Disdukcapil Gowa akan membuka layanan perekaman KTP-el pemula selama libur 8--11 Februari 2024 dan pada hari pencoblosan Pemilu 2024, sebagai upaya untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan memastikan warga yang berusia 17 tahun atau belum pernah melakukan perekaman KTP-el dapat memilih.

RAKYATKU.COM, GOWA - Pelayanan pengurusan dokumen kependudukan pada Disdukcapil Kabupaten Gowa akan tetap buka pada hari libur, 8--11 Februari 2024, dan hari pencoblosan Pemilu 2024 14 Februari nanti.

Kepala Disdukcapil Gowa, Edi Sucipto, mengatakan pelayanan dokumen kependudukan dikhususkan bagi perekaman KTP-el pemula, yaitu masyarakat yang berusia 17 tahun atau yang belum pernah sama sekali malakukan perekaman KTP-el.

"Kan, kita libur panjang itu di hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Ahad serta di hari pemilu itu 14 Februari, jadi kita rencananya akan buka perekaman KTP-el pemula," ujarnya dikutip laman Pemkab Gowa, Selasa (6/2/2024).

Baca Juga : Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggung Jawab ASN

Dia menyebutkan pihaknya sengaja membuka perekaman KTP-el pemula untuk meningkatkan partisipasi pemilih di Gowa. Menurutnya, jangan sampai ada masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, tetapi tidak ikut memilih karena belum memiliki KTP-el.

“Apalagi KTP-el ini, kan, persyaratan untuk memilih. Jadi, mengantisipasi jangan sampai ada wajib pilih kita pemula yang baru berusia 17 tahun. Supaya bisa mereka memilih, kita luangkan waktu kita untuk buka untuk perekaman pemula,” ungkapnya.

Selain membuka perekaman baru, Edi juga mengatakan pihaknya juga membuka pelayanan untuk peangaktifan IKD. IKD ini bisa menjadi pengganti KTP-el fisik.

Baca Juga : Jalan Alternatif Pangkabinanga Pallangga Mulai Diuji Coba

"Jadi, apa yang kita lakukan ini juga bagian dari untuk meningkatkan partisipasi pemilih sekaligus juga menyukseskan pemilu,” lanjutnya.

Edi mengungkapkan pihaknya sengaja membuka pelayanan khusus perekaman KTP-el pemula dan pengaktifan IKD karena pengawai yang bertugas akan digilir sehingga pelayanan tidak seperti hari kerja pada umumnya.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyambut baik langkah yang dilakukan jajarannya membuka membuka perekaman KTPpel pemula dan pengaktifan IKD dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih. Menurutnya tingginya partisipasi pemilih menjadi salah satu ukuran keberhasilan pelaksanakan pemilu.

Baca Juga : Bupati Gowa Cek Kehadiran ASN Pasca Libur Idul Fitri

“Ukuran utama keberhasilan melaksanakan pemilu adalah tingginya angka partisipasi pemilih. Jika angkanya tinggi, maka masuk dalam kategori sukses melaksanakan pemilu,” ungkap Adnan.

Apalgai, kata Adnan, partisiapasi pemilih di Gowa saat ini sdah bagus. Dia mengungkapkan partisipasi pemilih pada Pilkada 2020 lalu di Gowa sudah melebihi target nasional yang hampir di angka 80 persen.

#Pemkab Gowa #Disdukcapil Gowa