Senin, 29 Januari 2024 20:20

Konsultan Jepang Lakukan Riset Mobilitas Transportasi Darat di Barru

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Bupati Barru, Suardi Saleh, saat menerima kunjungan tim dari Nippon Koei Consulting Engineering Jepang di ruang kerjanya, Kantor Bupati Barru, Senin (29/1/2024).
Bupati Barru, Suardi Saleh, saat menerima kunjungan tim dari Nippon Koei Consulting Engineering Jepang di ruang kerjanya, Kantor Bupati Barru, Senin (29/1/2024).

Konsultan Jepang dari Nippon Koei Consulting Engineering bersama tim ahli berkunjung ke Barru untuk melakukan riset mobilitas transportasi darat, fokus pada penyediaan big data di Sulsel. Bupati Barru, Suardi Saleh, mendukung inisiatif dan menyoroti pentingnya analisis big data untuk perencanaan transportasi masa depan.

RAKYATKU.COM, BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, menerima kunjungan tim dari Nippon Koei Consulting Engineering Jepang di ruang kerjanya, Kantor Bupati Barru, Senin (29/1/2024).

Tim tersebut terdiri atas para ahli, seperti transportation engineer, interpreter, dan advisor dari Kyushu University.

Dalam audiensi tersebut, advisor dari Kyushu Jepang, Ibrahim Djamaluddin, menjelaskan tujuan kedatangan mereka untuk melakukan riset tentang penyediaan big data mobilitas angkutan transportasi darat di Sulsel.

Baca Juga : Dari Dusun Nepo, Bupati Barru Pimpin Upacara Hari Pendidikan Nasional: Merdeka Belajar untuk Indonesia Maju!

Transportation Engineer, Taiyo Ishikama, menekankan perluasan area studi riset dari sebelumnya di Mamminasata ke wilayah Barru dan Parepare. Hal ini karena kedua wilayah tersebut memiliki pelabuhan dan akan terhubung dengan jaringan kereta api di masa depan.

Menyambut rencana riset ini, Suardi Saleh menyatakan kesiapannya dalam memberikan dukungan data untuk di analisis lebih lanjut.

Dia menekankan pentingnya big data dalam merencanakan transportasi masa depan, termasuk identifikasi kebutuhan akan transportasi di titik-titik tertentu yang mengalami peningkatan pergerakan manusia.

Baca Juga : Bupati Janji Umrah, Kafilah Barru Berlaga di MTQ XXXIII Sulsel Target Raih Prestasi

Suardi Saleh juga menyoroti pentingnya transportasi pengumpan (feeder), seperti mikrolet, dalam sistem transportasi yang terintegrasi.

Dia menjelaskan analisis dari big data akan membantu dalam menentukan jenis transportasi yang sesuai untuk tiap titik, seperti penyediaan transportasi penyambung dari stasiun kereta api ke terminal atau pelabuhan terdekat.

"Kami berharap riset ini dapat memberikan kontribusi signifikan dalam perencanaan dan pengembangan sistem transportasi darat di Sulsel, meningkatkan kualitas layanan transportasi, serta memfasilitasi mobilitas masyarakat secara lebih efisien dan efektif," terangnya.

Penulis : Achmad Afandy
#Pemkab Barru