Rabu, 31 Januari 2024 07:15

Pj Gubernur Sulsel Dorong Donor Darah Massal, 30 Kantong Terkumpul di Maros

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat menghadiri kegiatan donor darah serta pengobatan gratis di Jalan Poros Bantimurung, Kabupaten Maros, Selasa (30/1/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat menghadiri kegiatan donor darah serta pengobatan gratis di Jalan Poros Bantimurung, Kabupaten Maros, Selasa (30/1/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Dalam upayanya memastikan pemenuhan kebutuhan darah, Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, telah mendorong pemerintah daerah untuk mengaktifkan kegiatan donor darah. Hal ini sebagaimana tertuang dalam Surat Edaran Nomor: 440/122/Dinkes yang dikeluarkan awal Januari.

RAKYATKU.COM, MAROS - UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Sulsel bersama UPTD Puskesmas Bantimurung menggelar donor darah serta pengobatan gratis di Jalan Poros Bantimurung, Kabupaten Maros, Selasa (30/1/2024).

Kegiatan yang dihadiri langsung Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, ini berhasil mengumpulkan 30 kantong darah.

Pada beberapa kesempatan, Pj Gubernur Bahtiar memang mendorong pemerintah daerah aktif memfasilitasi pemenuhan kebutuhan darah melalui kegiatan donor darah. Bahkan, hal itu dituangkan dalam Surat Edaran Nomor: 440/122/Dinkes yang dikeluarkan awal Januari ini.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Beri Pendampingan Trauma Healing untuk Korban Banjir dan Longsor

"Terima kasih Pak Gubernur sudah hadir, kami dapat 30 kantong, pendonor datang dari masyarakat umum, kepolisian, dan pegawai pemerintah sendiri," kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Transfusi Darah Dinas Kesehatan Sulsel, Astati Made Amin.

Astati menjelaskan Dinas Kesehatan Sulsel sudah mengeluarkan surat edaran ke seluruh kabupaten/kota dan elemen masyarakat untuk selalu terlibat donor darah sukarela.

"Untuk itu, kami selalu melakukan gelaran donor darah, kita koordinasi dengan UTD RS atau PMI yang ada di kabupaten dan kota," imbuhnya.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin