Selasa, 30 Januari 2024 12:12

Bupati Luwu Utara Komitmen Pertahankan Visi Religius, Anggarkan 2,5 Persen APBD untuk Keagamaan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Lokakarya Membangun Sinergitas Pemkab dan Kemenag, Senin (29/1/2024), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara. (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Lokakarya Membangun Sinergitas Pemkab dan Kemenag, Senin (29/1/2024), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara. (Foto: Pemkab Luwu Utara)

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, menegaskan komitmennya untuk mempertahankan visi religius dalam pembangunan daerah dengan menganggarkan 2,5 persen dari APBD sejak 2016 untuk keagamaan. Ia juga mengapresiasi sinergitas dengan Kantor Kemenag Luwu Utara dalam berbagai program peningkatan fasilitas keagamaan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, berkomitmen tidak menghilangkan visi religius dalam membangun daerah. Bahkan, sejak 2016 Pemkab Luwu Utara mengalokasikan 2,5 persen APBD untuk keagamaan.

Untuk itu, Indah juga mengapresiasi sinergitas yang terbangun dengan Kantor Kemenag Luwu Utara dalam bidang agama dan pendidikan keagamaan.

"Ada banyak program kerja sama Pemkab dan Kemenag Luwu Utara di antaranya peningkatan fasilitas keagamaan, peningkatan keagamaan, peningkatan fasilitasi sarana dan prasarana, peningkatan fasilitasi kesejahteraan masyarakat, dan bidang pendidikan keagamaan," kata Indah saat menyampaikan sambutan pada Lokakarya Membangun Sinergitas Pemkab dan Kemenag, Senin (29/1/2024), di Aula La Galigo Kantor Bupati Luwu Utara.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Di tengah masyarakat yang heterogen, Indah mengapresiasi pembinaan keumatan yang telah dilakukan Kantor Kemenag Luwu Utara.

"Pembinaan ini menjadi kekuatan kita di tengah ummat yang heterogen. Kita bersyukur secara umum masyarakat kita sangat menyadari keberadaan masing-masing dan saling terikat satu sama lain sehingga moderasi beragama semakin kuat," ucapnya.

"Untuk itu, upaya memperkuat sinergitas ini tentu menjadi sebuah kebutuhan, bukan lagi pilihan. Sangat penting untuk menjaga hal ini dan pemerintah akan terus berkomitmen mengikat dengan regulasi kemudian memperkuat kelembagaan," lanjutnya.

Baca Juga : Bupati Lutra: Bendungan Rongkong Jadi Kebutuhan Prioritas Mendesak

Di hadapan ratusan peserta lokakarya, Kepala Kantor Kemenag Luwu Utara, Rusydi Hasyim, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas perhatian Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, dan Anggota DPR RI, Muhammad Fauzi, yang juga hadir pada kesempatan ini.

Salah satunya gedung MAN Luwu Utara yang diterjang banjir bandang 2020 lalu telah selesai dibangun kembali dengan perjuangan Muhammad Fauzi melalui program PUPR Pendidikan.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani