Selasa, 30 Januari 2024 11:05

Sulsel Akan Jadi Daerah Pertama Hadirkan SMP dan SMK Virtual

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menggagas pendirian SMP dan SMK virtual pertama di Sulsel sebagai solusi untuk membantu anak-anak putus sekolah melanjutkan pendidikan. Bahtiar menegaskan pentingnya pengembangan sekolah virtual sebagai upaya mendukung pertumbuhan SDM.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menggagas SMP dan SMK virtual pertama di Sulsel. Sekolah virtual ini juga untuk membantu anak-anak putus sekolah untuk melanjutkan pendidikan.

Bahtiar mengungkapkan gagasan ini di hadapan seluruh ketua OSIS se-Sulsel, UPT Dinas Pendidikan Sulsel, dan jajaran Forkopimda Sulsel pada pelaksanaan Deklarasi Pemilu Damai di Ruang Pola Kantor Gubernur, Senin (29/1/2024).

Dia menjelaskan sekolah virtual ini dahulu namanya sekolah terbuka. Saat ini sekolah virtual menjadi hal yang paling dibutuhkan bagi anak-anak didik, terutama yang putus sekolah atau belum sempat selesai sekolah.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Beri Pendampingan Trauma Healing untuk Korban Banjir dan Longsor

"Kita akan melakukan pengembangan sekolah virtual di seluruh daerah di Sulsel," ungkap Bahtiar.

Pada era saat ini, sekolah virtual atau online menjadi tren di negara-negara maju. Untuk itu, kata dia, Sulsel harus menjadi daerah pertama melakukan itu untuk mendukung pertumbuhan SDM.

"Dulu sekolah terbuka tidak dilirik, tapi sekarang yang paling maju. Kita juga akan membangun SMP virtual atau terbuka di seluruh Sulsel," tuturnya.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Ajak Ulama Gelar Doa Bersama Hadapi Bencana Alam di Sulsel

Bahtiar berharap agar Dinas Pendidikan menyiapkan SDM khusus sebagai tim pengajar di sekolah virtual nanti. Guru, kata dia, adalah profesi yang sangat mulia sehingga tidak ada alasan untuk tidak menambah SDM guru di sekolah-sekolah.

"Guru adalah profesi yang sangat mulia sekali, terima kasih semua sudah hadir, baik tenaga pendidik, pegawai, maupun staf di Dinas Pendidikan Sulsel," ucapnya.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin