Sabtu, 27 Januari 2024 11:00

Pj Gubernur Sulsel Serahkan Bantuan Peternakan Rp2 M ke Pemkab Soppeng

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (ketiga kiri), saat menyerahkan bantuan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng untuk peningkatan sektor peternakan di Desa Belo, Kecamatan Ganra, Jumat (26/1/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin (ketiga kiri), saat menyerahkan bantuan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng untuk peningkatan sektor peternakan di Desa Belo, Kecamatan Ganra, Jumat (26/1/2024). (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memberikan bantuan peternakan senilai Rp2 miliar untuk Pemkab Soppeng, yang mencakup 3.000 ayam kampung, 100 kandang ayam, obat-obatan, vitamin, dan pakan untuk 100 Rumah Tangga Miskin, serta Rp200 juta untuk Kelompok Tani Kampung Ternak dengan 5 ekor sapi Bali betina, 1 unit kandang, dan 10.000 stek bibit rumput odot.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menyerahkan bantuan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Soppeng untuk peningkatan sektor peternakan.

Bantuan yang selanjutnya akan disalurkan ke masyarakat ini diserahkan di Desa Belo, Kecamatan Ganra, Jumat (26/1/2024). Bantuan tersebut untuk 100 Rumah Tangga Miskin (RTM) senilai Rp2 miliar. Terdiri atas 3.000 ayam kampung, 100 kandang ayam, disinfektan, obat-obatan dan vitamin 100 paket, serta pakan 100 paket.

Bantuan lainnya, Rp200 juta untuk Kelompok Tani Kampung Ternak, terdiri atas 5 ekor sapi Bali betina, 1 unit kandang, dan ?10.000 stek bibit rumput odot.

Baca Juga : Pemprov Sulsel Beri Pendampingan Trauma Healing untuk Korban Banjir dan Longsor

Adapun untuk mendukung pemberantasan penyakit hewan menular dan zoonosis juga diserahkan bantuan berupa coolbox vaksin 20 box, obat cacing 24 liter, multivitamin 150 saset, imbuhan pakan 200 kg, suplemen pakan 200 liter, dan diesinfektan 300 liter.

Pada kunjungan ini, Bahtiar juga meninjau kegiatan Inseminasi buatan (IB), yang telah menjadi salah satu metode efektif dalam meningkatkan produksi sektor peternakan. Metode IB ini telah diterapkan di Sulsel dan kini makin ditingkatkan secara masif.

"Melanjutkan program inseminasi buatan, yaitu kawin suntik pada sapi ini tujuannya untuk memperbaiki kualitas populasi kita," kata Kepala Dinas Peternakan Kesehatan Hewan dan Perikanan (PKHP) Soppeng, Erman Asnawi.

Baca Juga : Penjabat Gubernur Ajak Ulama Gelar Doa Bersama Hadapi Bencana Alam di Sulsel

Teknologi inseminasi buatan menggunakan semen atau sperma dari sapi jantan pilihan seperti Limosine dan Brahman Cross, yang disuntikkan ke sapi lokal. "Harapannya turunannya lebih baik. Ini pertumbuhan cepat dan harganya lebih mahal," ujarnya.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin