Minggu, 21 Januari 2024 23:52

Pilih dan Gunakan Helm yang Aman dan Nyaman

Lisa Emilda
Konten Redaksi Rakyatku.Com
ASMO Sulsel saat memberikan edukasi tentang penggunaan helm SNI
ASMO Sulsel saat memberikan edukasi tentang penggunaan helm SNI

Pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm. Selain untuk keselamatan, helm juga tentu saja dapat membuat pengendara merasa nyaman dan aman selama di jalan

RAKYATKU.COM, MAKASSAR -- Helm menjadi salah satu perlengkapan wajib dan krusial bagi pengendara sepeda motor. Selain melindungi kepala dari benturan apabila terjadi kecelakaan, helm bisa menjamin keselamatan pengendara.

Instruktur Safety Riding Astra Motor (Asmo) Sulsel Wanny menuturkan, helm juga membuat pengendara terlindung dari debu maupun asap yang dapat mengganggu penglihatan maupun konsentrasi.

"Karena itu, pengendara sepeda motor wajib menggunakan helm. Selain untuk keselamatan, helm juga tentu saja dapat membuat pengendara merasa nyaman dan aman selama di jalan," ucap Wanny di Kota Makassar.

Baca Juga : Astra Motor Sulawesi Selatan Ajak Masyarakat Pahami Fungsi Marka Jalan agar #Cari_Aman Selama Berkendara

Selain itu, Wanny juga membagikan tips pemilihan helm yang menekankan pada keselamatan dan kenyamanan pengendara. Pertama, kata Wanny, ada dua jenis helm yakni helm half face dan helm full face.

"Sangat disarankan kepada pengendara untuk menggunakan helm full face, helm yang menutupi semua bagian kepala. Karena helm full face ini dapat melidungi bagian wajah dari debu maupun asap yang mengganggu pengendara," tuturnya.

Kedua, Wanny menyarankan kepada pengendara untuk menggunakan helm berwarna cerah. Tujuannya agar terlihat oleh pengendara lain saat berada di jalan.

Baca Juga : Double THR, Astra Motor Sulawesi Selatan Beri Banyak Keuntungan untuk Pembelian Honda BEAT, Genio, dan Scoopy

"Helm yang digunakan ukurannya harus pas. Tidak longgar dan tidak terlalu sempit. Kenyamanan pengendara harus dijaga. Kemudian, kami sarankan agar kaca helm berwarna bening," tuturnya.

Terakhir, menurut Wanny, helm yang sudah pernah terjatuh tidak disarankan untuk digunakan kembali. Selain itu, pengendara pun disarankan menggunakan helm yang sudah SNI (Standar Nasional Indonesia).

"Pastikan tali pengaman helm dipasang dengan rapat dan baik. Jika sudah, pengendara dapat mengendarai sepeda motor dengan aman dan nyaman. Mari Cari_Aman selama berkendara. Keselamatan menjadi yang utama," ucap Wanny.

#Helm #asmo sulsel