Selasa, 16 Januari 2024 14:30

Peningkatan Ekonomi Nelayan, Pemprov Sulsel Akan Bagi 100 Juta Bibit Ikan dan Udang Gratis

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Ilustrasi. (Foto: Pemprov Sulsel)
Ilustrasi. (Foto: Pemprov Sulsel)

Pemprov Sulsel berupaya meningkatkan ekonomi nelayan dengan memberikan bantuan 100 juta bibit ikan dan udang gratis serta membangun 68.150 unit rumpon dan sentra garam. Program ini, yang menjadi kebijakan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, bertujuan mengatasi kemiskinan, stunting, inflasi, serta memperkuat ketahanan pangan.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) melalui Dinas Kelautan dan Perikanan telah menyiapkan sejumlah program untuk peningkatan ekonomi masyarakat, khususnya nelayan.

Salah satunya bantuan 100 juta bibit ikan dan udang gratis hingga pembangunan 68.150 unit rumpon. Selain itu, juga akan dibangun rumpon atau rumah ikan serta pengembangan sentra garam.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sulsel, Muhammad Ilyas, mengatakan seluruh program prioritas Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, tersebut menjadi kebijakan dalam menjaga ketahanan pangan, pengendalian inflasi, penanganan kemiskinan, maupun penanggulangan stunting dan gizi buruk di Sulsel.

Baca Juga : Pisang Cavendish yang Ditanam Warga di Dua Kabupaten Telah Berbuah

"Untuk tahun 2024 ini, kami akan lakukan pengembangan rumah ikan sebanyak 68.150 unit dan asuransi bagi 10 ribu nelayan," ungkap Ilyas, Senin (15/1/2024).

Untuk hilirisasi pengembangan rumah ikan, kata Ilyas, akan dilakukan optimalisasi pelayanan pelabuhan perikanan pada 10 pangkalan pendaratan ikan (PPI), pengawasan perairan wilayah pengelolaan perikanan (WPP) 713, diversifikasi produk olahan, pengembangan tambatan perahu, dan pelayanan kepada nelayan dalam rangka fasilitasi izin berusaha.

"Di tahun ini pula akan dilakukan pemberian bantuan benih/bibit ikan dan udang sebanyak 100 juta ekor secara gratis serta akan dilakukan pengembangan kolam terpal sebanyak 900 unit," jelasnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

Termasuk, kata dia, pengembangan sentra garam pada lima kabupaten/kota dan pengelolaan kawasan konservasi sumber daya ikan di Kabupaten Pangkep.

"Sejumlah bantuan dalam program prioritas Bapak Pj Gubernur Sulsel ini bertujuan untuk penanggulangan kemiskinan, penurunan stunting, penanganan inflasi, melalui bantuan bibit ikan dan udang kepada masyarakat, kolam terpal untuk ikan nila. Termasuk bantuan ini juga untuk menjaga ketahanan dan kedaulatan pangan di Sulsel," jelas Ilyas.

Diketahui, Pj Gubernur Sulsel telah beberapa kali menyerahkan bantuan bibit ikan di sejumlah kabupaten. Di antaranya, Kabupaten Bone dan Wajo.

#Pemprov Sulsel