Jumat, 12 Januari 2024 08:15

Pj Gubernur Bahtiar Dinilai Sukses Jaga Inflasi Sulsel

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala BPS Sulsel, Aryanto. (Foto: Pemprov Sulsel)
Kepala BPS Sulsel, Aryanto. (Foto: Pemprov Sulsel)

Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin mendapat pujian dari Kepala BPS Sulsel, Aryanto, karena berhasil menjaga inflasi Sulsel di bawah tiga persen melalui langkah-langkah yang efektif. Penanganan inflasi diakui sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Kepala BPS Sulsel, Aryanto, memuji penanganan inflasi yang dilakukan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin. Berkat langkah-langkah yang dilakukan, inflasi Sulsel terjaga di bawah tiga persen.

Aryanto menyampaikan itu di sela silaturahmi Pj Gubernur Sulsel dengan pemerintah daerah, Forkopimda, KPU, Bawaslu, dan tokoh masyarakat Kabupaten Sidrap di Aula SKPD Kantor Bupati Sidrap, Kamis (11/1/2024). Silaturahmi ini juga dihadiri Sekda Sulsel, Andi Muhammad Arsjad, dan Kepala OJK Sulampua, Darwisman.

"Penangan inflasi di Sulsel di bawah kepemimpinan Bahtiar Baharuddin terjaga dengan baik, di bawah tiga persen. Salah satunya juga berkat dukungan Kabupaten Sidrap," kata Aryanto.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

Diketahui, inflasi YoY Sulsel pada Desember 2023 sebesar 2,81 persen, sementara November 2,79 persen. Penanganan inflasi Sulsel juga salah satu yang terbaik di Indonesia.

"Salah satu upaya untuk menangani inflasi adalah bagaimana meningkatkan suplai pada komoditas-komoditas penyumbang inflasi," ujarnya.

Kepala OJK Sulampua, Darwisman, pada kesempatan ini memaparkan perkembangan industri keuangan di Sulsel. Ia menjelaskan, stabilitas sektor jasa keuangan tetap terjaga, didukung permodalan yang kuat, likuiditas memadai, dan tingkat risiko terjaga. Kredit yang disalurkan tercatat tumbuh 12,63 persen yoy dengan nominal Rp155,9 triliun.

Baca Juga : Musda PHRI Sulsel, Pj Gubernur Bahtiar Bangun Peluang Perhotelan Lebih Maju

"Warga Sidrap juga patuh memenuhi kewajibannya sehingga tumbuh positif," katanya.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, mengatakan Sidrap dikenal sebagai raksasa pangan di Sulsel. Terkenal sebagai penghasil beras dan telur. Selain itu, juga memiliki hewan khas, yakni ayam ketawa.

"Maka ini harus ditulis dengan baik, termasuk sejarahnya," ujarnya.

Baca Juga : Atasi Pemanasan Global, Pj Gubernur Sulsel Ajak BEM Unismuh se-Indonesia Tanam Pohon Serentak

Bahtiar juga menyampaikan pappaseng atau petuah. Laoni mai to siattinglima tositonra ola tessibelleang yang artinya mari kita bergandengan tangan berjalan seiring tanpa saling mengkhianati.

#Pemprov Sulsel