Selasa, 09 Januari 2024 09:31

Bupati Luwu Utara Minta Camat Bangun Komunikasi Kultural dalam Pemerintahan

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Serah terima jabatan (sertijab) pejabat Camat Sabbang Selatan di Kantor Camat Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Senin (8/1/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)
Serah terima jabatan (sertijab) pejabat Camat Sabbang Selatan di Kantor Camat Sabbang Selatan, Kabupaten Luwu Utara, Sulsel, Senin (8/1/2024). (Foto: Pemkab Luwu Utara)

Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, yang menyaksikan sertijab pejabat Camat Sabbang Selatan menyoroti pentingnya membangun komunikasi kultural dalam pemerintahan kecamatan dengan menekankan perlunya pendekatan persuasif dalam menyelesaikan masalah di tengah masyarakat.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Sainuddin resmi bertugas sebagai Camat Sabbang Selatan setelah serah terima jabatan (sertijab) dengan pejabat Camat Sabbang Selatan yang lama dan disaksikan langsung Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani, Senin (8/1/2024).

Sertijab berlangsung di Kantor Camat Sabbang Selatan ini dirangkaikan pelantikan Ketua TP PKK Sabbang Selatan sekaligus sertijab dan pelantikan Ketua TP PKK Kecamatan Sukamaju Selatan.

Dalam sambutannya, Indah menyebutkan kunci pemerintahan itu salah satunya ada di kecamatan. "Tentu penunjukkan Saudara Sainuddin ini telah ditelaah dengan baik. Apalagi, Saudara berasal dari wilayah Sabbang Selatan. Saya yakin pengalaman bertugas di lapangan selama di Dinas Perhubungan dan Kesbangpol dapat menjadi modal yang baik," katanya.

Baca Juga : Indah Target Luwu Utara jadi Pelopor Guru Penggerak

Bupati dua periode ini menegaskan dalam memimpin suatu wilayah, penting untuk membangun komunikasi dengan semua pihak dan mengedepankan pendekatan kultural dibanding pendekatan struktural.

"Komunikasi kultural itu cara persuasif dalam menyelesaikan suatu masalah yang mungkin timbul di tengah-tengah masyarakat kita," tutur Indah.

"Tugas pemerintah yang utama atau yang primer itu adalah pelayanan. Tugas yang sekunder, baru pembangunan. Jangan sampai kita dorong pembangunan, tetapi kita abaikan pelayanan. Tentu kita harap keduanya bisa dilaksanakan bersama," terang Indah.

Baca Juga : 25 Tahun Luwu Utara, Pj Gubernur Bahtiar Apresiasi Pencapaian Pembangunan Daerah

Indah juga mengingatkan seorang pimpinan tidak boleh pilih kasih dalam melayani warganya. "Kita tidak mungkin membuat semua orang menyukai kita. Tetapi, sebagai pimpinan, wajib bagi kita untuk mencintai semua warga kita. Cinta dalam bentuk pelayanan yang berkeadilan karena kita tidak boleh memilih siapa yang ingin dilayani," pesan Indah.

Selain pelayanan dan pembangunan, Indah menyebut tugas lain seorang camat adalah pembinaan dan pengawasan desa.

"Saya yakin forkopimcam dan teman-teman kepala desa akan mendukung. Begitupun kepada Saudara, saya titip warga Sabbang Selatan, sipakatau sipakainge sipakalebbiki," pinta Indah.

Baca Juga : Bupati Luwu Utara Apresiasi Kamp Pemuda PPGT Klasis Sangbualambe'

Pada kesempatan itu, Indah juga meminta Camat Sabbang Selatan agar segera menangani kemiskinan ekstrem dan stunting di wilayahnya.

Sainuddin sebagai Camat Sabbang Selatan yang baru menyampaikan terima kasih atas amanah yang diberikan kepadanya untuk melanjutkan kepemimpinan di Sabbang Selatan.

#pemkab luwu utara #Indah Putri Indriani