Senin, 08 Januari 2024 09:10

Sulsel Masuk Zona Hijau, Peringkat Kedua Nasional Indeks Kerawanan Pemilu

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat silaturahmi bersama Bupati Pangkep, Forkopimda, dan jajaran PT Semen Tonasa, di Kabupaten Pangkep, Ahad (7/1/2024).
Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, saat silaturahmi bersama Bupati Pangkep, Forkopimda, dan jajaran PT Semen Tonasa, di Kabupaten Pangkep, Ahad (7/1/2024).

Sulsel berhasil mencapai zona hijau dalam indeks kerawanan pemilu, menduduki peringkat kedua secara nasional. Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan prestasi ini hasil dari koordinasi dan komunikasi yang baik antara stakeholder, termasuk forkopimda di Sulsel, yang telah berkontribusi dalam transformasi dari zona merah menjadi zona hijau dalam konteks sosial politik.

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, menyampaikan tingkat indeks kerawanan pemilu sudah hijau secara nasional. Sulsel berapa di peringkat kedua nasional indeks kerawanan pemilu.

"Alhamdulillah secara indeks kerawanan pemilu, Sulsel sudah masuk provinsi kedua yang zona hijau," ujar Bahtiar saat silaturahmi bersama Bupati Pangkep, Forkopimda, dan jajaran PT Semen Tonasa, di Kabupaten Pangkep, Ahad (7/1/2024).

Dimensi dalam indeks kerawanan pemilu konteks sosial politik, di-tracking dari keamanan, otoritas penyelenggara pemilu, dan otoritas penyelenggara negara. Kemudian, penyelenggaraan pemilu, hak memilih, pelaksanaan kampanye, pelaksanaan pemungutan suara, ajudikasi dan keberatan Pemilu, serta pengawasan Pemilu.

Baca Juga : Pisang Cavendish yang Ditanam Warga di Dua Kabupaten Telah Berbuah

Demikian juga dengan kontestasi yang meliputi hak pilih, kampanye calon, partisipasi pemilih, partisipasi kelompok masyarakat, dan seluruh pihak terkait.

Sulsel sebelum Bahtiar masuk sebagai Pj Gubernur, masih zona merah, kemudian berubah menjadi kuning, dan saat ini Sulsel sudah zona hijau dan masuk provinsi kedua nasional indeks kerawanan pemilu.

Hal ini, kata Bahtiar, berkat koordinasi dan komunikasi yang baik antara seluruh stakeholder dan tentunya forkopimda di Sulsel.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

"Saya sudah mengelilingi seluruh daerah di Sulsel, dari Selayar sampai Luwu Timur," kata Bahtiar.

Hadir pada kesempatan ini Bupati Pangkep, Direktur Utama PT Semen Tonasa, Dandim, Kapolres, perwakilan Bank Indonesia, Bank Mandiri, Bank Sulselbar, BNI, BSI, Bawaslu Pangkep, KPU Pangkep, serta undangan lainnya.

#Pemprov Sulsel #Bahtiar Baharuddin