Rabu, 03 Januari 2024 16:53

BPBD Sulsel Tingkatkan Kesiapsiagaan Hadapi Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

Nur Hidayat Said
Konten Redaksi Rakyatku.Com
Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo. (Foto: Pemprov Sulsel)
Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo. (Foto: Pemprov Sulsel)

BPBD Sulsel meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi potensi hujan lebat dan angin kencang berdasarkan prakiraan cuaca dari BMKG untuk wilayah Sulsel. Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo, telah melakukan sosialisasi, simulasi, distribusi logistik, dan mengimbau masyarakat serta aparat kebencanaan untuk waspada dan proaktif mengantisipasi bencana hidrometeorologi.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulsel melakukan langkah-langkah dalam mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi sehubungan dengan musim penghujan. BMKG telah mengeluarkan prakiraan cuaca di wilayah Sulsel untuk tiga hari, 3—5 Januari 2024.

Dalam rilis yang dikeluarkan, sejumlah wilayah di Sulsel diprediksi berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Untuk Rabu (3/1/2024), diprediksi terjadi di Bantaeng, Bone, Gowa, Luwu Timur, Luwu Utara, Maros, Takalar, dan Wajo. Besoknya, Kamis (4/1/2024), diprediksi terjadi Gowa, Makassar, Maros, Pangkep, Parepare, Pinrang, Sidrap, Soppeng, dan Wajo. Untuk Jumat (5/12024) diprediksi di Bone, Enrekang, dan Pinrang.

Baca Juga : Pisang Cavendish yang Ditanam Warga di Dua Kabupaten Telah Berbuah

Kepala BPBD Sulsel, Amson Padolo, mengatakan mengantisipasi dampak bencana hidrometeorologi sehubungan dengan musim penghujan ini, dilakukan beberapa tindakan kesiapsiagaan.

"Bulan November dan Desember 2023, kita telah melakukan sosialisasi dan simulasi sebagai bagian dari Komunikasi Informasi Edukasi (KIE) kepada masyarakat terkait dengan antisipasi dini apabila terjadi bencana," ujarnya, Rabu (3/1/2024).

"Kami juga melakukan distribusi logistik di kabupaten/kota dan bantuan peralatan di daerah-daerah yang rawan bencana," ungkapnya.

Baca Juga : Pj Gubernur Sulsel Dampingi Menteri AHY Serahkan 50 Sertifikat Hasil PTSL di Gowa

Amson mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa waspada dan mengantisipasi apabila curah hujan lebat, khususnya untuk daerah yang sering terjadi bencana. Menghindari tempat-tempat yang rawan bencana baik itu longsor maupun banjir serta memantau perkembangan situasi melalui media yang terpercaya.

"Sekaligus menyampaikan kepada aparat kebencanaan apabila melihat dan berada pada situasi yang dapat membawa dampak bencana," ucapnya.

#Pemprov Sulsel #bpbd sulsel #amson padolo